JUMAT, 9 SEPTEMBER 2016

KENDARI --- Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan pelatihan kader posandu tingkat Kota yang dihadiri sebanyak 150 kader dari 16 Posyandu di aula bertaqwa kantor Walikota, Jumat (9/9/2016).


Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan, pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar dan penanggulangan kekurangan gizi.

Maryam RMR, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari menyampaikan, keberadaan posyandu di tengah-tengah masyarakat ini sangatlah penting, karena merupakan salah satu upaya kesehatan yang bersumber daya masyarakat (UKBM) yang di kelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan.

"Hal ini telah terbukti dapat menurunkan angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, dan balita serta menurunya prevalensi kurang energi dan protein pada anak balita,"tuturnya.

Disebutkan, sebanyak 208 posyandu di Kota Kendari secara kualitas telah terpenuhi namun yang menjadi masalah saat ini masih banyak kader yang kurang aktif serta kemampuan yang masih terbatas.

Sehingga fungsi dan kinerja posyandu seyogyanya terus di tingkatkan dengan cara pemberdayaan kader antara lain, melalui pelatihan tekhnis pengelola posyandu dan pertemuan kader seperti saat ini, tuturnya.

Pertemuan kader untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta dapat membagi pengalaman dengan kader lainya dalam rangka melaksanakan kegiatan diposyandu sehingga kedepanya tidak ada lagi posyandu yang kekurangan kader.

Selain itu, Maryam juga mengatakan, perlunya pembinaan posyandu harus terus di lakukan secara terus menerus sampai menjadi strata mandiri, sebagai salah satu cikal bakal terbentuknya kelurahan siaga aktif guna mempercepat pencapaian masyarakat Indonesia yang sehat sejahtera sesuai indikator IPKM Indonesia, khususnya Kota Kendari dalam rangka mempercepat pencapaian SDGS.

Dengan adanya kegiatan ini, Maryam berharap kepada kader dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan atau materi yang di sajikan dengan baik, sehingga sekembalinya nanti apa yang telah di dapatkanya selama pertemuan dapat di terapkan di posyandu masing- masing serta tak luput berperan sebagai motivator atau penggerak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan posyandu.

Berdasarkan pantauan Cendana News selain kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, turut hadir Kabid promkes dan pemberdayaan masyarakat, Aisyah Hasriwati dan sejumlah petugas promosi kesehatan se Kota Kendari.
[Siddiq Muharam]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: