SENIN, 12 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) menurut data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo didominasi oleh ibu rumah tangga. Diduga penyebaran terjadi akibat suami yang sering melakukan seks bebas.


"Sehingga banyak ibu rumah tangga yang terkena HIV/AIDS," jelas Plt. Kepala Dinkes Ponorogo, Rahayu Kusdarini kepada Cendana News saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (12/9/2016).

Sedikitnya selama 15 tahun terakhir, penderita HIV/AIDS di Ponorogo mencapai 424 orang. Dengan rincian, 287 orang positif menderita AIDS, dan 137 baru terserang HIV. Untuk penderita yang meninggal dunia ada 153 orang dan masih hidup sampai sekarang 271 orang.

"Penderita biasanya memang sengaja memeriksakan diri ke RSUD dr Harjono Ponorogo dan beberapa Puskesmas, dari sana ketahuan datanya," cakapnya.

Bahkan sempat ada laporan seorang ibu hamil positif terkena penyakit berbahaya ini. Namun beruntung janin yang dikandungnya tidak terinfeksi HIV/AIDS.

"Sekarang masyarakat sudah bisa melakukan test HIV/AIDS di beberapa Puskesmas dengan biaya terjangkau," imbuhnya.

Tak lupa ia pun menghimbau kepada masyarakat agar jangan malu memeriksakan diri terutama bagi ibu hamil. 

"Semakin cepat diketahui semakin bagus untuk pencegahan," pungkasnya.
[Charolin Pebrianti]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: