JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Bersamaan dengan dimulainya Pekan Budaya Indonesia (PBI) di kota Malang yang merupakan agenda tahunan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Malang juga untuk pertama kalinya menggelar acara 'Malang Art Week' (Mawe) di Taman Krida Budaya Jawa Timur jalan Sukarno-Hatta kota Malang, Kamis (1/9/2016). Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari 1-3 Agustus 2016 pukul 19.00-22.00 WIB ini dimeriahkan oleh penampilan seniman baik dari Indonesia maupun luar negeri.


"Tujuan diselenggarakan 'Malang Art Week adalah sebagai wadah bagi para seniman untuk mengembangkan kreatifitas serta menghasilkan karya yang berkualitas," jelas kepala Disbudpar kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, Kamis (1/9/2016).

Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar seniman lokal, luar daerah maupun seniman luar negeri dengan melihat keragaman tampilan seni yang disajikan oleh seniman lokal, regional dan internasional, imbuhnya.


Menurutnya, bentuk kegiatan dari 'Mawe' sendiri adalah pagelaran seni tradisi yang disajikan oleh seniman luar negeri diantaranya seniman dari negara Irak, Thailand, Sudan, Jepang, Vietnam, tim seni Universitas Negeri Malang (UM), tim seni Banjarmasin, kota Kediri, Nganjuk, Kabupaten Malang serta tim seni kota Malang dan Batu.

"Pada hari pertama ada penampilan spesial dari maestro seni tari yaitu Didi Nini Towok. Sedangkan pada hari kedua ada penampilan dari seniman tari topeng dengan 19 karakter," ungkapnya.


Sementara itu dari pantauan Cendana News, masyarakat khususnya warga kota Malang sangat antusias menyaksikan acara tersebut. Banyak diantara mereka yang mengabadikan acara tersebut melalui foto maupun video. Kegiatan 'Mawe' sendiri di awali dengan kelompok musik patrol Genk Gonk Genjot dan dilanjutkan dengan penampilan tari Beskalan serta penampilan spesial dari Didi Nini Towok.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: