RABU, 21 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Balikpapan optimis perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun ini akan mencapai target dari yang ditentukan, yakni sebesar Rp75 miliar. Pasalnya, tak lama lagi jatuh Tempo pembayaran PBB akan berakhir pada 30 September mendatang.


Kepala Dispenda Balikpapan, Muhammad Noor menyebutkan, saat ini wajib pajak PBB memiliki respon yang baik dalam pembayaran pajak. Hal tersebut terbukti dengan antrian pembayaran PBB di kantor Dispenda dan gerai yang dibuka oleh BRI dan Bank Kaltim.

"Kemarin aplikasi sistem online kami sempat bermasalah karena pemakaian sistem yang tinggi. Dan ini positifnya masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dalam membayar PBB sebelum jatuh tempo," katanya saat ditemui di Balikpapan, Rabu (21/9/2016).


Berdasarkan data yang dihimpun Dispenda, jumlah wajib pajak PBB sebanyak 245 ribu dan realisasi pencapaian pada awal September sudah mencapai 37 persen.

"Kami yakin sampai akhir September bisa mencapai target karena kesadaran masyarakat membayar pajak tinggi," seru Noor.

Dia mengatakan, jumlah wajib pajak PBB setiap tahunnya meningkat apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena jumlah rumah juga terus bertumbuh. 

"Perkiraan kenaikan ada sekitar 5 persen wajib pajak PBB, dan ini sangat potensi untuk perolehan pendapatan asli daerah," tutupnya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: