JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Dalam beberapa hari ke depan warga Malang akan disuguhi berbagai macam pameran, workshop serta pertunjukkan seni dan budaya yang merupakan rangkaian kegiatan Pekan Budaya Indonesia (PBI) yang menjadi agenda tahunan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menjaga sekaligus mengenalkan khazanah budaya Indonesia kepada masyarakat luas.


"Pekan Budaya Indonesia 2016 di Malang merupakan gelaran yang kedua setelah pada tahun sebelumnya di selenggarakan di Semarang. Pemilihan Malang Raya khususnya kota Malang sebagai tuan rumah PBI tidak terlepas dari kekuatan akar budaya yang ada di Malang," jelas koordinator acara, Ahmad Mahendra kepada Cendana News, Kamis (1/9/2016). 

Ia mengatakan pada pelaksanaan PBI tahun ini mengusung tema 'Dari Pinggiran Merajut Budaya Nasional' dalam artian bahwa keanekaragaman budaya yang akan ditampilkan nanti sesungguhnya merupakan kekayaan dari budaya Nasional. Tema tersebut sengaja di angkat karena bersinergi dengan keinginan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam kegiatan PBI.


"Kali ini Pemerintah ingin memastikan jika seluruh masyarakat bisa mengakses penuh kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan nanti sehingga masyarakat tidak hanya merasa sebagai penonton tetapi juga sebagai pelaku budaya,paparnya. Oleh karena itu pada gelaran PBI 2016 kami turut melibatkan komunitas-komunitas yang berada di kawasan Malang Raya dan sekitarnya, mulai dari komunitas pelaku seni tradisional hingga komunitas film sehingga nantinya masyarakat dapat mengapresiasi dan mengekspresikan kebudayaan secara langsung" tandasnya.

Disebutkan, rangkaian kegiatan PBI diantaranya permainan tradisional, pertunjukan kesenia, workshop, lomba sejarah, pameran dan pertunjukan musik. Nantinya rangkaian kegiatan tersebut akan di fokuskan di tiga tempat yaitu Pendopo Kabupaten Malang, Taman Krida Budaya dan Universitas Negeri Malang pada tanggal 1-5 September 2016. Meskipun kegiatan PBI sudah di mulai kemarin, namun pembukaan acara tersebut rencananya baru akan di lakukan hari ini di Pendopo Kabupaten Malang.


"Melalui penyelenggaraan PBI diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengapresiasi bahwa sebenarnya budaya Nasional merupakan rajutan dari khazanah budaya di setiap daerah di Indonesia. Dengan demikian masyarakat akan dapat menghargai dan menjaga diversitas budaya di Indonesia, sehingga semboyan Bhineka Tunggal Ika dapat benar-benar diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara" pungkasnya.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: