SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Keinginan kelompok seniman di Ponorogo agar lebih dikenal dalam kancah internasional mendapat respon yang baik dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Azerbaijan, Husnan Bey Fannani.


Husnan berjanji pihaknya siap memboyong reog ke Azerbaijan meski tak mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Ponorogo.

"Bulan November mendatang saya akan menggelar Indonesia Culture Festival, saya mengundang perwakilan seni dari daerah-daerah. Kalau Pemda tidak ada yang mengirim, saya sendiri yang bawa," ujarnya saat ditemui di sekolah alam, Jalan Anoman, Ponorogo, Selasa (20/9/2016).

Tak hanya kesenian saja yang menjadi prioritasnya, produk lokal lain yang bisa diunggulkan juga akan diperlihatkan. Seperti batik, kuliner, wayang geber dan seterusnya yang memang khas Ponorogo.

"Tugas saya yang memang asli warga Ponorogo ingin mengangkat kesenian khas Ponorogo ke kancah internasional lewat Azerbaijan," jelasnya.

Menurutnya, Azerbaijan merupakan sebuah negara yang kaya akan minyak bumi dan gas sekaligus tempat bertemunya pertukaran ekonomi antara Eropa dan Asia sehingga sangat cocok untuk memperkenalkan budaya bangsa.

"Kalau Amerika super power dalam bidang pertahanan militer dan China dalam bidang ekonomi, nah Indonesia super power dalam peradaban dan budaya," imbuhnya.

Selama ini kerjasama antara Indonesia dengan Alzerbaijan sudah bagus mulai dalam bidang karet, minyak sawit, garmen, produk peralatan rumah tangga dan produk makanan kalengan.

"Kendalanya karena Azerbaijan tidak punya laut lepas sehingga kalau kita mau ekspor harus lewat negara ketiga," pungkasnya.
[Charolin Pebrianti]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: