SENIN, 26 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Berbagai kegiatan lomba dan juga seminar telah di persiapkan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia (HMJ SASINDO) Universitas Negeri Malang (UM) untuk merayakan Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) yang rutin di adakan setiap tahunnya pada bulan September-Oktober. Gelaran Seminar Nasional yang diadakan hari ini di gedung Sasana Budaya UM menjadi penanda dibukanya peringatan BBS tahun 2016.


"Seminar Nasional merupakan acara pembuka dari BBS 2016, dimana pada tahun ini kami mengambil tema Literasi, Bahasa, Sastra dan Budaya di Era Industri Kreatif," jelas ketua pelaksana, Eliana kepada Cendana News, Senin (26/9/2016).

Disebutkan, dalam seminar nasional tersebut HMJ Sasindo mendatangkan tiga orang narasumber yaitu Hasnan Singodimayan yang merupakan seorang sastrawan dan juga budayawan, Ahmadun Yosi Herfanda sebagai ketua lembaga literasi, serta Drs. Rudy Satrio Lelono seorang seniman, praktisi kreatif dan media.

Menurutnya, acara seminar tersebut di buka untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum yang tertarik dengan literasi, bahasa dan juga budaya.

Lebih lanjut Eliana mengatakan bahwa selain seminar nasional, masih banyak rangkaiang kegiatan BBS yang akan diadakan sampai dengan akhir bulan Oktober yang dapat diikuti oleh siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).


"Rangkaian kegiatan BBS yang terdiri dari berbagai macam lomba dan juga pelatihan ini nantinya akan berlangsung hingga tanggal 28 Oktober 2016" ungkapnya.

Rangkaian kegiatan BBS tersebut yaitu pelatihan perpustakaan di kota Batu, lomba cinta bahasa Indonesia untuk siswa siswi SMA se-Jawa Timur, lomba wasis bahasa Jawa tingkat SMP se-Jawa Timur, lomba video kreatif pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA se-Malang Raya, festival teater SMP dan SMA se-Jawa Timur, expo Sasindo dan acara penutupan pada tanggal 28 Oktober 2016.

"Dengan adanya berbagai kegiatan di BBS kali ini kami berharap dapat meningkatkan kreativitas siswa dan juga mahasiswa, serta dapat meningkatkan komunikasi mereka dalam berbahasa dan bersastra"pungkasnya.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: