KAMIS, 22 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Kamis (22/9/2016) dini hari, Pacitan diguncang gempa bumi menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa mencapai 5,1 Skala Richter (SR), gempa terjadi di pukul 01.07 WIB. Titik gempa berada di 9.07 Lintang Selatan (LS) dan 111.50 Bujur Timur (BJ) pada kedalaman 10 kilometer.

Titik gempa berdasarkan info dari BMKG
Gempa tersebut terasa hingga ke Ponorogo, Malang dan Kediri. Bahkan saking kencangnya, Puji Hastuti (54 tahun) warga Kunti, Kecamatan Bungkal Ponorogo sempat lari keluar rumah.

"Saya panik, gempa buminya lumayan lama jadi saya lari keluar rumah," ujarnya kepada Cendana News di lokasi.

Tidak hanya Puji Hastuti, Maya Nur Safitri (24 tahun) warga Desa Pagu Kecamatan Wates Kediri juga merasakan hal serupa. Gempa yang terasa cukup kencang hingga menggoyangkan lampu gantung yang ada di kamar tidurnya.

"Tengah malam, saya tidak tahu jam berapa berasa gempa. Saya sempat membangunkan suami dan anak saya" imbuhnya.

Gempa bumi yang berlangsung selama 10 detik tersebut menurut BMKG tidak memicu tsunami. Sedangkan menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan hingga saat ini belum menerima laporan ada korban jiwa ataupun luka, maupun kerusakan bangunan akibat kejadian ini.

Masyarakat diminta oleh BPBD untuk tetap tenang. Yang terpenting adalah mengikuti informasi yang dirilis pemerintah daerah setempat. Diharapkan agar masyarakat tidak terpancing oleh isu tidak bertanggung jawab.
(Charolin Pebrianti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: