SABTU, 3 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Walaupun Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah sudah berupaya sekuat tenaga dan melakukan berbagai cara supaya bisa menekan tingginya harga daging sapi, namun kenyataannya sampai saat ini harga daging sapi yang dijual di pasar-pasar tradisional, khususnya di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya masih berada di kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 120.000 per kilogram (kg).

Maryam, penjual aneka ikan laut (kiri) dan Sulistyowati (kanan) seorang pembeli
Beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Bulog dan Pemerintah Darrah setempat sempat beberapa kali menggelar operasi pasar, yaitu dengan cara menjual secara langsung daging sapi segar kepada warga masyarakat melalui kupon yang sebelumnya sudah dibagikan. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk menekan tingginya harga daging sapi yang semakin lama justru semakin "menggila".

Dalam operasi pasar tersebut, daging sapi dijual sekitar Rp. 80.000 per kilogram (kg), memang masih relatif mahal untuk golongan masyarakat menengah kebawah, namun setidaknya terjadi penurunan harga yang lebih "masuk akal" dibandingkan dengan harga daging sapi sebelumnya. Namun sayang seribu sayang, operasi pasar daging sapi tersebut tidak berlangsung lama, kini harga daging sapi kembali meroket alias tidak terjangkau.


Pantauan Cendana News di Pasar Kombongan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, banyak warga masyarakat kini perlahan mulai beralih dan melirik lauk pauk alternatif  sebagai pengganti daging sapi yang harganya super mahal. Salah satunya adalah mengkonsumsi aneka hasil tangkapan ikan laut, misalnya seperti Ikan Tenggiri, Ikan Tongkol, Ikan Tuna dan Ikan yang banyak digemari konsumen.

Sulistyowati, seorang ibu rumah tangga mengatakan "sebenarnya sih pengennya bisa mengkonsumsi daging sapi, ya minimal seminggu sekali lah, namun kenyataannya hal tersebut sangat sulit saya wujudkan, salah satu sebanya karena harganya semakin melambung, mau gak mau akhirnya saya mencoba alternatif lainnya, misalnya membeli aneka laut seperti Ikan Tenggiri, Ikan Tuna maupun Ikan Tongkol, karena harganya masih terjangkau" katanya saat ditemui Cendana News di Pasar Kombongan, Sabtu pagi (3/9/2016).


"Secara umum harga ikan laut seperti Tongkol, Tuna dan Tenggiri yang dijual di Pasar Kombongan per kilogramnya Rata-rata paling mahal sekitar Rp. 50.000 per kg, sedangkan paling murah Rp. 40.000 per kg, semenjak harga daging sapi naik tajam, banyak konsumen yang beralih membeli aneka hasil ikan laut, mungkin sebagai alternatif pengganti daging sapi, karena harga ikan laut lebih terjangkau dan rasanya sebenarnya lebih gurih dan lebih renyah daripada daging sapi" kata Maryam, seorang penjual aneka ikan laut di Pasar Kombongan.
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: