SENIN, 12 SEPTEMBER 2016

MAUMERE --- Harga jual ikan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Alok Maumere melonjak drastis saat hari raya Idul Adha. Kenaikan harga ikan dipicu minimnya kapal yang melaut dan membongkar di pelabuhan tersebut.


“Tadi cuma ada 2 kapal saja yang bongkar ikan disini,selebihnya hanya nelayan yang memiliki pukat dan kapal kecil saja,”sebut Siti Soleha salah seorang penjual ikan di TPI Alok Maumere saat ditemui Cendana News, Senin (12/9/2016).

Ditambahkan Siti, para nelayan yang berasal dari Pemana, Wuring, Nangahale dan Nagahure serta beberapa daerah pesisir di kabupaten Sikka kebanyakan beragama Islam dan libur melaut sejak Minggu (11/9/2016).

“Ini yang menyebabkan harga ikan naik dua kali lipat dari biasanya,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Nong Beny penjual ikan lainnya. Dirinya menyebutkan, ikan lebih banyak dibawa dari kota Larantuka tapi itupun tidak seberapa karena nelayan di Larantuka juga tidak melaut.

Ikan yang dibawa dengan pick up tersebut lanjutnya, berupa ikan Tongkol, Cakalang dan juga ikan Tuna. Namun demikian, harga ikannya pun naik dua kali lipat akibat stock terbatas.

“Apalagi sudah seminggu angin kencang sehingga mempengaruhi harga jual ikan,” ungkapnya.

Banyak nelayan yang menggunakan kapal motor berukuran kecil ucap Beny tidak berani melaut akibat gelombang tinggi. Para nelayan biasanya menggunakan pukat berukuran kecil dan hanya melaut di pesisir saja.

“Kami terpaksa hanya mengandalkan ikan yang dipasok dari pemancing perorangan yang jumlahnya pun terbatas,” pungkasnya.

Disaksikan Cendana News, hanya ada 8 penjual ikan di TPI Alok yang menggelar dagangan seperti ikan Tongkol, Cakalang dan Tuna. Sisanya menjual ikan Selar, Layang, Kerapu dan ikan Teri


Harga ikan pun rata-rata naik kali lipat. Ikan Tongkol yang biasanya dijual 20 hingga 25 ribu rupiah seekor naik menjadi 30 hingga 40 ribu rupiah seekor. Ikan Layang berukuran selebar 2 jari orang dewasa dijual 4 ekor seharga 10 ribu rupiah.

Ikan Selar pun berukuran lebar dua jari pun harganya selangit. Jika hari biasa 8 hingga 10 ekor dilepas dengan harga 10 ribu rupiah, saat Idul Adha dijual dengan harga 4 ekor 10 ribu rupiah.
[Ebed De Rosary]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: