SENIN, 12 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Hari ini 10 Dzulhijjah 1437 H yang bertepatan dengan hari Senin (12/9/2016) umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha, tidak terkecuali umat Muslim di Indonesia khususnya di kota Malang. Dengan diiringi kumandang takbir, sejak pukul 05.30 WIB warga Malang sudah mulai berbondong-bondong berangkat menuju lokasi penyelenggaraan shalat Idul Adha, seperti yang terlihat di halaman Masjid Manarul Islam yang berlokasi di jalan Danau Bratan Raya, Sawojajar, Kota Malang.


Tepat pukul 06.00 WIB shalat Idul Adha mulai dilaksanakan. Nampak para jamaah khusuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat tersebut.

Bertindak sebagai khotib, Dr. Karmani Sulaiman. Dalam menyampaikan khutbahnya, ia meminta agar umat Islam untuk menteladani dan mengambil hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan juga anaknya yaitu Nabi Ismail yang dengan ikhlas dan taat menjalankan perintah Allah.

Seperti di ketahui dalam kisahnya, Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih anak satu-satunya yaitu Ismail. Mendapat perintah tersebut tentunya membuat jiwa Nabi Ibrahim tergoncang luar biasa, namun dalam kondisi tersebut Nabi Ibrahim mengambil keputusan untuk menyampaikan dan mendiskusikan secara langsung mengenai mimpinya tersebut kepada putranya. 

Setelah mendengar cerita dari orangtuanya tersebut, Nabi Ismail yang sabar memilih untuk membahagian ayahnya dengan mengatakan agar ayahnya tersebut segera melaksanakan perintah dari Allah untuk menyembelihnya, yang kemudian oleh Allah anak tersebut di tebus dengan seekor sembelihan yang besar.

"Dari kisah Nabi Ibrahim dan Ismail tersebut tergambar jelas ketaatan yang nyata dari seorang Ibrahim dan Ismail kepada Tuhannya. Dan ini pula suatu pelajaran besar bagi manusia bagaimama dengan keyakinan adanya Allah semua pasti akan menjadi baik,"ujarnya.


Selain itu dalam kisah tersebut juga dapat diambil pelajaran terbaik bagaimana orangtua mampu berkomunikasi yang terbaij dalam kondisi apapun. Demikian pula menjadi pelajaran terbaik bagi seorang anak agar berbakti dan patuh pada orangtua.

Sementara itu, disebutkan bahwa Masjid Manarul Islam mendapatkan kepercayaan pada hari raya Idul Adha tahun ini untuk menyembelih 48 ekor Sapi dan 33 ekor Kambing. Usai melaksanakan shalat Idul Adha para jamaah Masjid Manarul Islam mulai dari anak-anak, remaja, Bapak-bapak hingga Ibu-ibu terlihat antusias untuk turut menjadi panitian qurban di masjid tersebut.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: