RABU, 28 SEPTEMBER 2016

BALI --- Dari hasil pantauan Indonesia Security Incident Response Team On Internet Infrastructure (ID-SIRTII) terhadap lalu lintas informasi (traffic) koneksi internet menemukan setidaknya 90 juta serangan telah terjadi di siber Indonesia.


Data dari ID-SIRTII untuk periode Januari hingga Juni 2016 menunjukkan serangan terjadi lebih dari 89 juta kali hingga akhir Juni 2016.

"Intensitas serangan bisa mencapai dua juta sehari tapi trennya terus menurun," kata Ketua ID-SIRTII, Rudi Lumanto, di ajang Konferensi Internasional Keamanan Siber CodeBali di Legian Kuta Bali, Rabu (28/9/2016).

Untuk mampu mendeteksi perilaku arus lali lintas yang terjadi di dunia siber, pemerintah juga kini makin berbenah dengan menambah sejumlah sensor berteknologi tinggi.

"Saat ini kami juga mulai mengganti sensor buatan luar negeri dengan sensor-sensor buatan dalam negeri. Selain juga terkait masalah keamanan, penggunaan sensor dalam negeri juga karena kualitas sensor buatan anak bangsa tidak kalah canggih dan mampu bersaing dengan produk impor," ujar Rudi.

Sensor yang digunakan adalah alat yang mampu menarik data traffic di dunia internet dan data yang diperolehnya dapat diolah untuk mengidentifikasi berbagai perilaku dan motif para peselancar di dunia maya.

Pada ajang CodeBali 2016 juga diserahkan hasil riset kerjasama antara pemerintah Republik Indonesia yang diwakili ID-SIRTII dengan pihak swasta dari Jepang NEC.

Perwakilan NEC, Kozo Matsuo menyerahkan langsung hasil riset tersebut kepada Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo Miriam Fatima Barata.

NEC pada ajang CodeBali 2016 ini juga memperlihatkan sejumlah teknologi yang telah siap digunakan seperti teknologi pertahanan pengenal wajah (face recognition).

"Teknologi pengenal wajah NEC telah digunakan di bandara Changi Singapura, bandara John F Kennedy di New York Amerika Serikat, Bandara di Brasil dan Jepang," kata Asisten GM Business Development PT NEC Indonesia, Arif Subekti di stand pameran CodeBali 2016.
[Bobby Andalan]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: