SELASA, 27 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Libur Tengah Semester banyak dimanfaatkan lembaga pendidikan di Solo, Jawa Tengah, menggelar pembelajaran di alam. Melalui kegiatan Outing Class, ratusan siswa SDIT Nur Hidayah Solo mengikuti belajar menanam padi di Amanah Farm Karangpandan, Karanganyar.


“Kegiatan ini memang khusus kami gelar untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak salah satu profesi masyarakat Indonesia. Kalau selama ini anak-anak hanya tahu sudah jadi beras, untuk kegiatan Outing Class ini kita ajak anak untuk menanam padi” papar Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Haryadi dalam rilisnya yang diterima Cendana News, Selasa  (27/9/16). 

Dalam kegiatan Outing Class berupa Outbond Ceria di Amanah Farm Karangpandan itu setidaknya diikuti 134 siswa-siswi kelas 1 SDIT Nur Hidayah. Tujuan mengajak anak untuk mengenal lebih dekat menanam padi. Selain itu, para siswa juga dilatih ketangkasan dan keceriaannya dengan susur sungai, panjat tebing, merayap dalam lumpur, tangkap ikan. 


“Selain tanam padi, anak-anak juga diedukasi bagaimana memanen wortel, beternak kelinci, beternak sapi, dan lain sebagainya” terangnya.

Ditegaskan, jika kegiatan Outing Class berupa Outbond, Praktik Belajar Lapangan (PBL), dan Family Gathering, merupakan ciri khas sekolah yang menerapkan konsep full day school. Variasi kegiatan dan pembelajaran yang menyenangkan lebih mendekatkan antara konsep yang ada di buku dengan yang ada di lapangan. 


“Tujuannya adalah mendekatkan siswa pada sumber ilmu yang lebih luas. Tentu kegiatan ini akan menambah pengalaman belajar yang lebih bagi siswa” tambahnya.

Antusias para siswa mengikuti kegiatan belajar di ala mini terlihat sangat tinggi. Terbukti, banyak siswa yang senang meskipun untuk belajar menanam padi dengan cara berjalan mundur sulit dilakukan siswa. 

“Wah, asyik bisa belajar tanam padi. Ternyata sulit juga tanam padi karena jalannya harus mundur sambil bawa tanaman padi di tangan"  ungkap Annisa. 
(Harun Alrosid) 
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: