JUMAT, 23 SEPTEMBER 2016

BALI --- Acap kali sektor kebudayaan atau tradisi dipandang remeh oleh satu negara. Padahal peluang untuk mengangkat sektor kebudayaan sebagai salah satu sektor hulu di satu pembangunan sangat besar.


Karena itu World Culture Forum yang akan berlangsung pada 10 hingga 14 Oktober 2016 mendatang yang akan berlangsung di Bali, diharapkan Indonesia bisa unjuk gigi di pentas dunia internasional dengan memasukan sejumlah strategi dan gagasannya.

Dengan tema "Culture for an Inclusive Sustainable Planet", yang berarti kebudayaan yang berlanjut dan lebih inklusif maka dalam forum ini akan dibahas sejumlah strategi terkait langkah kongkretnya di masa depan.

"Penyelenggaraan forum ini memang adalah bagian dari upaya kita menempatkan Indonesia secara pantas di pentas internasional. Jadi ini adalah forum untuk mendiskusikan strategi kebudayaan, untuk mencapai fisiknya, itu apa si langkahnya, " ujar Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid di Denpasar, Jumat (23/9).

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Karena itu,  seharusnya Indonesia bisa berperan jauh lebih penting dalam hal perumusan konseptual dan praktek selama ini dalam World Culture Forum.

Targetnya sendiri, diharapkan ada satu bentuk komitmen dari berbagai pihak pemangku kepentingan seperti pemerintah, komunitas-komunitas, perguruan tinggi, kalangan akademik dan aktivis.

"Kita tidak ingin ini hanya satu perhelatan saja tapi jadi satu tolak ukur, forum ini untuk merumuskan itu, forum ini juga untuk mengukur bench mark begini kurang lebih tiga tahun ada banyak inisiatif baik praktek dan gagasan semacam kongresnya gitu dan aplikasinya di berbagai wilayah dunia bisa berbentuk praktek, festival, bisa konferensi lagi membangun kerjasama melihat peluang di kebudayaan itu besar sekali," tandasnya.

Hilmar juga mengatakan, di forum tersebut, pihaknya berupaya mengangkat Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan berpijak pada tradisi dengan memelihara lingkungan hidup.
(Bobby Andalan)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: