KAMIS, 8 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Mendekati hari raya Idul Adha sejumlah bahan kebutuhan pokok meningkat. Terutama bahan masakan sehari-hari seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah besar terjadi kenaikan signifikan.


Pasar Legi Songgolangit misalnya menurut sejumlah pedagang kenaikan sejumlah kebutuhan pokok ini selain dikarenakan mendekati Idhul Adha juga karena banyaknya masyarakat yang menyelenggarakan hajat pada bulan September ini.

Pedagang sayur, Sargi (60 tahun) menjelaskan harga bawang merah yang sebelumnya Rp 28 ribu sekarang mencapai Rp 40 ribu. Selain itu bawang putih yang sebelumnya Rp 21 ribu sekarang mencapai Rp 29 ribu.

"Kenaikan ini sejak empat hari lalu, awalnya masih harga normal. Sekarang merangkak naik," ujarnya saat ditemui Cendana News di lokasi, Kamis (8/9/2016).


Sedangkan harga cabai merah besar dari sebelumnya Rp 20 ribu naik menjadi Rp 38 ribu. Penurunan justru terjadi pada cabai rawit sebelumnya Rp 35 ribu sekarang menjadi Rp 30 ribu.

"Pasokan sejauh ini aman meskipun terkadang telat tapi tidak banyak. Ada saja stoknya," jelasnya.

Pedagang lain, Supri (35 tahun) menambahkan pasokan cabai rawit dari luar kota seperti Kediri, Mojokerto dan Pare yang melimpah sehingga mengakibatkan turunnya harga. Kalau untuk cabai merah besar, Ponorogo sendiri yang memasok karena banyak petani yang menanam.

Sedangkan pasokan bawang merah paling banyak dari Nganjuk yang memang terkenal sentra pertanian bawang merah. 

"Tapi kalau pasokan telat ya naik sedikit-sedikit," pungkasnya. 
(Charolin Pebrianti).
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: