SENIN, 5 SEPTEMBER 2016

SUMENEP --- Menjelang hari raya Idul Adha rupanya masih banyak makanan dan minuman kedaluwarsa yang beredar di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hal itu diketahui setelah adanya razia mendadak ke sejumlah perkotoan yang ada di daerah tersebut pada Senin (5/9/2016).


Razia terhadap makanan dan minuman yang digelar oleh tim gabungan dari pemerintah daerah ujung timur Pulau Madura ini bertujuan agar tidak ada lagi produk yang melewati batas waktu dijual di pertokoan. Karena barang-barang tidak layak konsumsi tersebut seharusnya sudah diganti dengan yang baru supaya konsumen tidak dirugikan.

“Jadi dari hasil temuan kami dalam razia ke beberapa swalayan ternyata masih saja ditemukan yang kedaluwarsa. Bahkan sebagian juga kemasannya sudah rusak, tetapi barang-barang tersebut masih dijual,” kata Moh. Saleh, Kasi Oprasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Senin (5/9/2016).

Disebutkan, bahwa razia yang dilakukan pada kali ini merupakan tahap awal saat menjelang hari raya Idul Adha, karena kedepan ia akan terus melakukan razia makanan dan minuman di seluruh pertokoan yang ada di daerah ini. Supaya nanti masyarakat yang membeli benar-benar bagus dan layak konsumsi.

“Dalam razia kami temukan 50 makanan dan minuman yang kadaluarsa, maka dari itu kalau sampai dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat, jelas konsumen akan dirugikan kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seharusnya pengelola lebih selektif dalam mengontrol sejumlah makanan yang bakal dijual ke konsumen,” jelasnya.

Pihaknya meminta para pemilik pertokoan tidak lagi menjual barang-barang yang sudah kedaluwarsa, maka apabila tetap membandel, ia akan disanksi secara adiminitrasi. Tetapi setelah diberi sanksi adminitrasi tetap bandel, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk mencabut izinnya.


Petugas yang menggelar razia makanan dan minuman (Mamin) merupakan Tim Pengawasan Pengedalian Barang dan Jasa daerah ini yang terdiri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan (Dinkes), Bagian Hukum dan Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Dalam razia, beberapa pertokoan yang didatangi diantaranya, Sidogiri di Jalan Trunojoyo, Alfamart di Jalan Trunojoyo dan di Jalan KH Wahid Hasyim, Sakinah di Jalan Adirasa, Indo Mart di Jalan Dr. Cipto, dan sejumlah toko yang berada di Jalan Teuku Umar.
[M. Fahrul]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: