RABU, 14 SEPTEMBER 2016

SAMPANG --- Dalam rangka merayakan hari raya Idhul Adha berbagai macam cara dilakukan para jurnalis di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Salah satunya dengan membagikan daging kurban kepada ratusan masyarakat daerah setempat dengan tujuan untuk berbagi bersama meraih berkah, agar jurnalis tersebut tidak hanya dianggap bisa menulis berita saja, tetapi melainkan juga melaksanakan kegiatan bhakti sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Suasana saat para jurnalis sedang memotong daging hewan kurban
Para jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) ini menjadi fasilitator penyaluran hewan kurban dari para dermawan yang akan melaksanakan kurban pada hari lebaran Idhul Adha kali ini. Sehingga secara keseluruhan pengelolaan hewan kurban, baik dari penyembelihan hingga pembagian daging kepada masyarakat dilakukan oleh sang jurnalis yang juga bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Sampang.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk menggugah para dermawan agar bisa berbagi pada lebaran Idhul Adha. Alhamdulillah ada sumbangan tiga ekor sapi kepada kita, lalu teman-teman jurnalis dan mahasiswa mengelolanya yang kemudian daging kurban tersebut di salurkan kepada masyarakat yang ada di daerah ini. Itupun daging kurban yang kita salurkan tidak sedikit, tetapi bisa sampai dibagikan kepada ratusan warga,” kata Kamaluddin Harun, Ketua Aliansi Jurnalis Sampang (AJS), Rabu (14/9/2016).


Disebutkan, bahwa kegiatan yang seperti ini memang akan terus dilakukan setiap momentum hari raya Idhul Adha, supaya rasa kedekatan antara para jurnalis dan masyarakat terus terjaga. Karena bagaimanapun juga jurnalis harus memiliki rasa tanggungjawab untuk saling membantu dan berbagi dengan masyarakat, meskipun belum mampu melaksakan kurban sendiri, tetapi minimal bisa memfasilitasi para donatur untuk berbagi dalam melaksanakan kurban.  

“Kami ini menjadi fasilitator untuk membantu menyalurkan daging kurban kepada masyarakat kurang mampu. Bantuan sapi untuk kurban itu semuanya dari perusahaan, jadi kami masih diberi kepercayaan oleh pihak perusahaan itu untuk menyalurkan daging kurban kepada masyarakat,” jelasnya.


Dari tiga sapi yang diterima oleh jurnalis tersebut kemudian di potong menjadi 525 kantong plastik untuk dibagikan kepada masyarakat. Alhasil mereka yang menerima daging kurban itu merasa senang dan terbantu dengan kegiatan bhakti sosial para kuli tinta tersebut. 
(M. Fahrul) 
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: