KAMIS, 29 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Bersamaan dengan penyelenggaraan Seminar Nasional mengenai Dukungan terhadap Undang-Undang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK), jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang (Polinema) sekaligus meresmikan program studi baru yaitu D4 Keuangan yang di resmikan hari ini, Rabu (28/9/2016).


"Tahun ini jurusan Akuntansi Polinema memiliki program studi baru yakni D4 Keuangan yang nantinya akan mencetak tenaga-tenaga handal yang siap bekerja di bidang keuangan, utamanya sebagai ahli perencanaan, pengelolaan dan evaluasi keuangan," jelas salah satu dosen jurusan Akuntansi, sekaligus ketua panitia seminar nasional, Dr. Aang Afandi, SE., MM.

Menurutnya, lembaga keuangan konvensional sekarang ini sudah begitu berkembang dan lembaga-lembaga keuangan syariah juga mulai tumbuh. Demikian pula di pemerintahan sangat membutuhkan tenaga di sektor keuangan. 

"Oleh karena itu kami ingin mengisi kebutuhan para ahli di bidang keuangan dengan lulusan-lulusan terbaik dari D4 Keuangan," ujarnya.

Lebih lanjut Aang menyampaikan bahwa D4 disini setara dengan S1, sehingga nantinya bagi lulusan D4 yang ingin melanjutkan pendidikannya bisa melanjutkan ke program S2 baik terapan maupun akademisi.


"Namun begitu, untuk sementara ini di Polinema yang ada baru magister terapan elektronika dan harapannya dalam beberapa waktu ke depan jurusan Akuntansi juga bisa memiliki program magister," ucapnya.

Disebutkan, meskipun baru di launching hari ini, Aang mengaku bahwa D4 Keuangan sudah memiliki sejumlah mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelas.

"Tahun ini mahasiswa D4 Keuangan di bagi menjadi dua kelas, dimana setiap kelasnya berisi 30 orang mahasiswa. Dengan hanya berisi 30 orang setiap kelasnya, diharapkan intensitas antara dosen dan mahasiswa lebih intensif untuk melakukan pembelajaran dan praktikum sehingga bisa menghasilkan lulusan yang handal, terampil dan siap pakai di dunia kerja," ungkapnya.

Sementara itu ia juga menyampaikan, untuk tenaga pengajar sebagian besar adalah dosen tetap di jurusan Akuntansi Polinema. Tetapi kedepannya tidak menutup kemungkinan mereka juga akan berupaya melibatkan pihak luar, salah satunya yaitu melalui kuliah tamu, pungkasnya.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: