RABU, 21 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Untuk kesekian kalinya warga Dusun Sumberjo, Desa Kalisongo Kecamatan Dau, Kabupaten Malang kembali menggelar Kampung Cempluk Festival (KCF). Acara yang di selenggarakan selama lima hari berturut-turut, 20-24 September 2016 ini dibuka dengan gelaran Pawai Budaya yang di ikuti oleh perwakilan dari masing-masing Rukun Warga (RW) yaitu RW 1 dan 2.


"Pawai Budaya ini diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan perwakilan dari Rukun Tetangga (RT)  yang ada di ke dua RW tersebut. Di RW 1 ada 7 RT dan di RW 2 juga terdiri dari 7 RT jadi total ada 14 RT yang turut meramaikan pawai budaya," jelas Nurman Abdillah selaku wakil ketua pelaksana, Selasa (20/9/2016).

"Gelaran Pawai Budaya ini sekaligus penanda pembukaan Kampung Cempluk Festival yang ke tujuh," imbuhnya.


Dengan menggunakan berbagai busana yang didominasi pakaian adat ini mereka terlihat piawai sesekali memperagakan tarian tradisional di hadapan para penonton yang terlihat bergerombol di sepanjang rute pawai. 

Tidak hanya mereka yang dewasa, anak-anak kecil pun tidak ingin ketinggalan dalam memeriahkan acara tahunan tersebut. Anak-anak ini nampak lucu dengan menggunakan pakaian daur ulang kardus, plastik maupun koran. Beberapa juga menggunakan pakaian Polisi maupun Tentara. Bahkan adapula penampilan Drumband yang dibawakan oleh anak-anak Sekolah Dasar Pisang Candi 2.

Kemeriahan pawai budaya KCF ini tentunya menarik sekaligus mampu memberikan hiburan kepada masyarakat Malang khususnya warga Kecamatan Dau, seperti yang dirasakan Erni, salah satu penonton.


Ia merasa sangat antusias dan senang bisa menyaksikan acara pawai budaya tersebut. Meskipun bulan Agustus kemarin sudah banyak acara karnaval maupun pawai seperti ini, tapi ia mengaku tidak pernah bosan melihat kekreatifan dari para peserta pawai, salah satunya dari segi kostum yang mereka pakai.

"Daya tarik dari acara pawai seperti ini adalah keunikan dari kostum yang mereka pakai. Bahkan ada pakaian daur ulang yang tadi banyak di pakai anak-anak,"ucapnya.
[Agus Nurchaliq]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: