RABU, 14 SEPTEMBER 2016

PONTIANAK --- Demi untuk mengenalkan budaya yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar), sembilan mahasiswa dari sejumlah Fakultas di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak dalam agenda  Science, Engineering, and Cultural Exhibition (SCENE) di Monash University, Melbourne, Australia Pada Minggu, (18/9/2016).

“Selain akan melakukan presentasi karya tulis ilmiah, mahasiswa juga akan mengusung budaya Kalbar,” kata Dosen Pembimbing SCENE, Ferry Hadary pada sejumlah wartawan di Kota Pontianak, Rabu (14/9/2016).

Disebutkan, Universitas Tanjungpura Goes to Australia 2016 SCENE dimaksudkan untuk mempromosikan kreatifitas mahasiswa. 

“Mahasiswa yang akan berangkat ke Australia ini merupakan kandidat yang sebelumnya lolos seleksi. Ada 100 kandidat yang masuk. Dari semua itu, riset yang dinyatakan lolos hanya sembilan orang yang dianggap punya nilai tambah,” ucapnya.

“Dari 100 orang, kandidat terpilih 15 mahasiswa. Mereka dipilih bukan hanya karena riset saja, tapi juga punya nilai plus bisa seni dan juga dilihat dari karakternya,” lanjutnya.

Dijelaskan terkait latar belakang mahasiswa yang akan berangkat ke negeri Kanguru itu. Ia merinci, mahasiswa itu terdiri dari berbagai fakultas yang ada di Untan Pontianak. 

“Risetnya juga bermacam-macam. Ada tentang Aloevera, Sains, Teknlologi bahkan ada juga yang presentasi tentang Rumah Betang. Intinya mengangkat potensi Kalbar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para mahasiswa ini nantinya akan melakukan seminar dan expo penelitian juga menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya yang ada di Kalimantan Barat ini. 

“Seperti Tari, Silat dan aneka lagu-lagu daerah. Selain diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara Untan Pontianak dengan Monash University Melbuorne Autralia, juga akan memperkenalkan kebudayaan Kalbar,” ujarnya.
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: