SELASA, 27 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Apabila tidak ada perubahan rencana, diperkirakan pada Rabu besok (28/9/2016) hasil tes kesehatan dan juga hasil tes psikologi ketiga Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi DKI Jakarta akan diserahkan oleh pihak Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintohardjo kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

Sumarno, Ketua KPUD DKI Jakarta
Demikian pernyataan resmi dari Sumarno, Ketua KPUD DKI Jakarta saat ditemui jurnalis Cendana News di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya No. 15, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2016). Sumarno menjelaskan bahwa besok rencananya tim dokter dari RSAL Dr. Mintohardjo yang akan menyerahkan secara langsung berkas hasil pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga pasangan Cagub dan Cawagub Provinsi DKI Jakarta.

Namun Sumarno tampaknya masih belum mau menjelaskan secara rinci terkait dengan hasil tes pemeriksaan kesehatan dan psikologi ketiga Cagub dan Cawagub Provinsi DKI Jakara tersebut. Sumarno berdalih bahwa saat ini dirinya sedang melakukan rapat dengan Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta di Kantor Bawaslu, Jakarta Utara.

Sumarno sampai saat ini mengaku masih belum mengetahui seperti apa nantinya mekanisme dan tas ara penyerahan hasil tes kesehatan dan tes psikologi tersebut. Namun yang jelas hasil tes kesehatan dan psikologi tersebut tidak akan diumumkan secara terbuka kepada publik. Intinya hanya sekedar formalitas saja, karena hal tersebut berhubungan dengan rahasia dan privasi ketiga pasangan Cagub dan Cawagub.

"Insya Allah besok Rabu (28/9/2016) rencananya tim dokter dari RSAL Dr. Mintohardjo akan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi ketiga pasangan Cagub dan Cawagub Provinsi DKI Jakarta, namun saat ini saya sedang rapat dengan Bawaslu DKI Jakarta terkait dengan mekanisme dan tata cara penyerahan hasil pemeriksaan tersebut" demikian dikatakan Sumarno, Ketua KPUD DKI Jakarta kepada media Cendana News di kantornya, Selasa (27/9/2016).

Sumarno mengatakan "yang jelas kita tidak akan membeberkan kepada publik terkait dengan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi tersebut kepada publik, karena hal tersebut menyangkut kerahasiaan atau privasi ketiga pasangan Cagub dan Cawagub tersebut, selain daripada itu KPUD DKI Jakarta juga tidak mempunyai kewenangan dan kapasitas untuk membuka hasil pemeriksaan pasangan Cagub dan Cawagub" pungkasnya.
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: