SABTU, 3 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Perpustakaan menjadi salah satu sarana dalam mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Namun, bagaimana jadinya jika perpustakaan yang seharusnya memiliki banyak koleksi buku dan bersih berbanding terbalik kondisinya.


Hal ini lah yang menjadi perhatian Komisi D, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo yang mendatangi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Ponorogo yang terletak di Jalan Trunojoyo untuk melihat langsung bagaimana kondisi fasilitas umum tersebut.

Anggota Komisi D, Kijanto menjelasan sejak awal masuk gerbang saja sudah terlihat kumuh, banyak sampah berserakan. Mulai masuk kedalam dirinya mengecek daftar hadir hanya ada 10 orang per hari.

"Koleksi buku juga hanya ada 23 ribu buku, idealnya ada 50 ribu koleksi buku," jelasnya saat ditemui Cendana News di lokasi, Sabtu (3/9/2016).

Dia juga menyoroti letak Perpusda yang jauh dari kampus maupun sekolahan. Awalnya saat berada di Jalan Juanda banyak masyarakat yang datang untuk membaca namun akibat dipindah ke Jalan Trunojoyo sehingga faktor tersebut membuat turunnya jumlah pengunjung.

Padahal program dari Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mencanangkan Ponorogo sebagai Kota Membaca.


"Ini nanti buat masukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Supaya Perpusda dipindah lokasinya. Biar ramai lagi. Tentunya bahan bacaannya tambah juga," paparnya.

Menambah buruknya kualitas Perpusda terlihat ada dualisme di tubuh Perpusda Ponorogo."Saat sidak tadi jelas bahwa Perpusda ada dualisme. Antara pimpinan dan staff tidak sejalan. Makanya perpustakaan tidak layak sama sekali," tandasnya.

Selain itu belum tersedianya ruang media elektronik juga menjadi penilaian khusus. Dimana seharusnya dengan adanya media elektronik bisa menjadi media pembelajaran bagi pengunjung terutama sejarah Kota Ponorogo. 

"Meski pengajuan dana yang dilakukan mencapai Rp 1 M tapi yang turun hanya Rp 400 juta ini juga menjadi catatan supaya Pemkab Ponorogo lebih memperhatikan nasib Perpusda," pungkasnya. 
(Charolin Pebrianti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: