JUMAT, 9 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)   hari ini, Jumat (9/9/2016), dijadwalkan akan memanggil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh yang juga dikenal sebagai CEO Metro TV tersebut. Selain itu dalam waktu yang bersamaan, KPK juga akan memanggil Panda Nababan, yang juga dikenal debagai mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Suasana Gedung KPK 
Pemanggilan Surya Paloh dan Panda Nababan oleh pihak penyidik KPK tersebut adalah dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait adanya kasus perkara penerimaan uang suap dan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam rangka pembahasan dan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Utara.

Sejauh ini KPK sudah menetapkan status tersangka kepada 7 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara sebagai pihak penerima uang suap. Kemudian KPK juga telah menetapkan Gatot Pudjo Nugroho mantan Gubernur Provinsi Sumatera Utara sebagai tersangka, yaitu pihak yang memberi uang suap.

"Surya Paloh dan Panda Nababan akan dimintai keterangan dan bersaksi untuk tersangka Budiman Nadapdap, yaitu salah satu dari tujuh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang sudah dinaikkan statusnya menjadi tersangka dalam kasus suap dan korupsi pembahasan APBD Tahun 2012, Tahun 2013 dan pengesahan APBD Tahun 2014 yang melibatkan mantan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho" kata Yuyuk Andriati Iskak, Pelaksana Harian (PLH) Kepala Biro Humas KPK kepada jurnalis Cendana News di Gedung KPK, Jumat pagi (9/9/2016).

Yuyuk Andriati Iskak (kanan) PLH Kabiro Humas KPK
Yuyuk Andriati Iskak mengatakan "tersangka Budiman Nadapdap beserta 6 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara sebelumnya memang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penerimaan uang suap dari mantan Gubernur Provinsi Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho terkait dengan persetujuan laporan pertanggung-jawaban dan pengesahan APBD Provinsi Sumatera Utara" katanya kepada jurnalis Cendana News.

Pantauan Cendana News langsung dari Gedung KPK, Jalan Hajjah Rangkayo Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/9/2016) hingga menjelang pukul 12:00 WIB belum ada tanda-tanda Surya Paloh maupun Panda Nababan terlihat datang di Gedung KPK. Namun meskipun demikian puluhan awak media, baik media cetak maupun elektronik sudah siap menunggu kedatangan mereka di Gedung KPK.
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: