JUMAT, 16 SEPTEMBER 2016

MATARAM --- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Akshar Ansori mengatakan KPU NTB siap menjadi sumber dan rujukan informasi lengkap seputar pemilu dan data pemilih bagi siapapun mulai Partai Politik, politisi peneliti dan juralis termasuk masyarakat yang membutuhkan informasi.


Karena itulah, selain meresmikan bale (rumah) pintar pemilu, KPU NTB berhasil menghimpun hasil Pemilu sejak tahun 1995 sampai 2014, yang berisi data pemilih dan perkembangan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu basis data desa dalam bentuk buku.

"Bagi Parpol, Politisi, peneliti, jurnalis dan masyarakat, sekarang kalau ingin mendapatkan data pemilih dan informasi perkembangan Pemilu di NTB, tidak usah lagi pusing mencari, karena semua sudah tersedia di KPU NTB" kata Akshar di Mataram, Jum'at (16/9/2016).

Bahkan data dan prolehan suara Pemilu NTB berbasiskan Desa, bentuknya tidak saja disediakan dalam bentuk angka, tapi juga terolah dalam bentuk grafik, dokumen dan foto.

Dikatakan, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seputar Pemilu, KPU juga telah menyiapkan empat pintu sumber informasi, mulai dari website, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), e-PPID dan perpustakaan KPU.

"Keempat pintu informasi tersebut, selain berisi tentang informasi seputar Pemilun juga merekam data pelaksanaan Pemilu di NTB yang terdokumentasi dengan baik sejak Pemilu 1995, sehingga bisa dijadikan rujukan oleh masyarakat, Parpol, peneliti maupun media" tutupnya.
(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: