MINGGU, 25 SEPTEMBER 2016

PONTIANAK --- Lahan gambut seluas dua hektar kembali terbakar Kalimantan Barat. Lahan gambut hektaran itu terletak di Jalan Kebangkitan Nasional, Bentasan 2 RT003 RW 025, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Minggu, 25 September 2016.


Diduga lahan gambut itu sengaja dibakar guna untuk pengembangan komplek perumahan baru. Karena dengan cara dibakar itulah lebih mudah, dan murah biaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak Aswin Taufik membenarkan adanya kejadian lahan gambut terbakar di dekat kawasan perumahan penduduk setempat. 

"Rata-rata sengaja dibakar lahan gambut. Ini diduga untuk komplek perumahan," kata Aswin Taufik menegaskan dan menyayangkan aksi pembakaran lahan gambut itu. Mengingat, memadamkan lahan gambut tidak mudah. Sebab, api menyusup kedalam gambut yang kedalamannya diperkirakan lebih dari 3 hingga 5 meter.

Atas kejadian itu, ia menerjunkan personel pemadam kebarakan BPBD Kota Pontianak dan pemadam swasta lainnya di Pontianak. Itu dilakukan guna memadamkan api lahan gambut yang terbakar.


"Damkar BPBD  ke lokasi jumlahnya 10 personel dan sejumlah unit mobil pemadam" ucapnya.

Pemadaman lahan gambut yang terbakar di Jalan Kebangkitan Nasional Bentasan 2 RT 003 RW 025, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, ini membuat petugas kewalahan. Karena sumber air di lokasi kejadian susah di dapat. 

Parit-parit mengering karena air parit banyak digunakan warga setempat untuk MCK. Namun demikian, para personel tetap memadamkan kebakaran lahan gambut dengan alat seadanya berupa kayu dan kayu ranting. Pemadaman terus menerus dilakukan. Karena dikhawatirkan meluas ke perumahan penduduk setempat.

"Luas lahan 2 hektar sudah mendekati rumah penduduk," ucapnya. 
(Aceng Mukaram)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: