SABTU, 24 SEPTEMBER 2016

SUMENEP --- Dalam rangka melestarikan budaya di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berbagai macam cara dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) daerah setempat. Salah satunya dengan menggelar kontes sapi sonok yang bertempat di objek wisata Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada hari Sabtu (24/9/2016).


Acara kontes tersebut dimeriahkan sebanyak 54 pasang sapi sonok (Sapi Hias) yang menampilkan kecantikan. Para pemilik sapi satu persatu bergiliran menampilkan sapi yang telah dihias dengan diiringi musik tradisional Saronin beserta penari yang dibawa oleh masing-masing pemilik sapi. Hal itu guna menjadikan yang diikutsertakan dalam kontes dapat berpenampilan menarik hingga bisa menjadi juara.

"Acara ini merupakan rangkaian hari jadi Sumenep yang ke 747, makanya menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun guna melestarikan budaya sapi sonok (Sapi Hias) yang ada di daearh ini. Maka dengan adanya kontes tersebut budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat disini tidak hilang begitu saja," kata Sufiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Sabtu (24/9/2016).

Disebutkan, dengan adanya kontes tersebut bukan hanya melestarikan budaya saja, tetapi melainkan juga akan meningkatkan nilai jual sapi sonok itu sendiri. Karena dengan memiliki tampilan yang bagus saat kontes berlangsung, sapi tersebut akan menjadi incara para pecinta sapi sonok lain untuk membelinya, itupun dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan harga sapi biasa pada umumnya.


"Jadi dengan kontes ini akan memberikan efek ekonomi terhadap sapi yang dimiliki oleh para pecinta sapi sonok. Karena ketika kontes itu dilaksanakan, harga sapi yang mengikuti kontes tersebut akan terus naik, sehingga itu jelas akan meningkatkan nilai jual beli sapi yang ada," jelasnya.
[M. Fahrul]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: