SENIN, 12 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Liburan panjang akhir pekan dilanjutkan dengan liburan Hari Raya Idhul Adha 2016 (1436 Hijriyah) sejumlah lokasi wisata terutama destinasi wisata pantai di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung diserbu pengunjung. 


Para wisatawan yang rata-rata menghabiskan waktu liburan tersebut mengunjungi pantai sejak Sabtu, Minggu dan pada libur hari Raya Idhul Adha setelah melakukan ibadah Sholat Ied dan saling mengunjungi kerabat. Beberapa lokasi wisata pantai yang menjadi destinasi favorit bagi warga di Lampung Selatan diantaranya pantai Tanjung Tua, Pantai Selaki, Pantai Pasir Putih, Pantai wartawan, Pantai Guci Batu Kapal, Pantai Ketang, Pantai Merak Belantung serta beberapa pantai lain. Kunjungan ke destinasi wisata pantai tersebut dilakukan oleh masyarakat sebagian dengan menggunakan kendaraan terbuka dan diantaranya menggunakan kendaraan roda dua.

Lonjakan kunjungan wisatawan saat liburan akhir pekan dan Hari Raya Idhul Adha 2016 (1437 H) selama tiga hari tersebut diakui oleh salah satu pengelola lokasi wisata di pantai Tanjung Tua Kalianda, Didi Khoidi, yang mencatat jumlah kunjungan ke destinasi wisata pantai melonjak sekitar 50 persen dibanding hari biasa. Didi mengungkapkan kenaikan jumlah wisatawan tersebut dinilai wajar karena sebagian masyarakat berniat memanfaatkan waktu liburan untuk mengunjungi lokasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Rata rata kunjungan pada hari normal ia mencatat kunjungan wisatawan mencapai 100-150 orang perhari dan kini bisa mencapai 300 orang perhari.

“Khusus di lokasi wisata Tanjung Tua jumlahnya melonjak tajam dan rata rata pengunjung secara rombongan yang tak pernah berkunjung ke lokasi wisata pantai dan tanjung ini yang sedang ramai diperbincangkan oleh para wisatawan sehingga banyak yang tertarik datang ke sini,” terang Didi saat dikonfirmasi media Cendana News, Senin (12/9/2016)

Lokasi mercusuar yang ada di atas bukit untuk pengamatan Selat Sunda dan bisa melihat pemandangan pantai dan bukit membuat lokasi wisata Tanjung Tua semakin banyak dikunjungi saat akhir pekan dan bahkan saat liburan panjang. Selain menikmati pemandangan dari mercusuar sebagian pengunjung pun bisa menikmati pantai yang jernih dan pasir yang putih.

Kunjungan ke lokasi wisata yang mulai melonjak juga dialami oleh destinasi wisata di Pantai Canti Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Lokasi yang berada di jalan raya pesisir mengakibatkan lokasi tersebut banyak dikunjungi sejumlah wisatawan dengan mengajak serta keluarga dan kerabat. Sajian pantai yang landai dengan pepohonan peneduh dan dilengkapi gubuk gubuk mengakibatkan lokasi pantai Canti menjadi lokasi wisata favorit saat liburan akhir pekan dan hari raya Idul Adha.


Salah satu pengunjung, Ahmad (34) mengaku sengaja berlibur bersama kawan kawannya setelah mendapat kesempatan liburan selama hampir empat hari dari perusahaan sepatu di Serang Provinsi Banten. Ia mengaku kesempatan menikmati liburan cukup panjang digunakannya untuk pulang kampung bersama keluarga dan mengunjungi pantai.

“Tadi setelah Sholat Ied di masjid samping rumah kami kemudian menuju ke pantai ini, mumpung masih belum begitu ramai karena kami hanya memiliki waktu liburan sampai hari ini bersama keluarga dan sore nanti harus segera kembali ke Serang," ungkap Ahmad kepada media Cendana News di pantai Canti, Senin (12/9/2016).

Ahmad bahkan mengaku berniat menikmati keindahan laut dengan beraktifitas renang dengan ban, bakar ikan serta sembari menunggu kiriman daging kambing dan daging sapi dari rumah sebagian yang rencananya akan disate di tepi pantai. Ia mengaku sudah berpesan kepada keluarganya untuk membawa sebagian daging kurban untuk dibakar di pantai. Selain bisa menikmati libur panjang ia bisa berkumpul bersama keluarga dan kerabatnya.

"Salah satu anggota keluarga sebagian melakukan kurban hewan kambing nanti kami sudah pesan dikirim daging dan sudah kami siapkan bumbu untuk disate di pinggir pantai,"ungkapnya.

Salah satu wisatawan lain, Supri (30) mengaku sudah lama berniat mengunjungi lokasi tempat wisata pantai Canti dan baru mendapat kesempatan saat liburan panjang Hari Raya Idhul Adha. Ia yang tinggal di Sumatera Selatan sengaja ikut berlibur mengunjungi kerabatnya yang ada di Lampung untuk berlibur di pantai. Bersama rombongan empat kawannya mereka berangkat menempuh perjalanan darat menggunakan kereta api untuk tiba di rumah kerabatnya di Lampung.

Liburan panjang tersebut pun membawa berkah bagi sebagian warga yang menjadi penjual makanan dan minuman di lokasi wisata tersebut. Sulaiman (40) dan isterinya Surti (34) warga Canti  mengaku senang dengan banyaknya pengunjung yang ada di pantai Canti karena membuat dagangann mereka laris. Ia mengaku berbagi tugas dengan sang anak seusai Sholat Idhul Adha, selain sang suami menjadi panitia pemotongan hewan kurban ia meminta sang anak untuk menjaga lapak yang ada di tepi pantai.

"Lumayan jualan saat liburan seperti ini dan mumpung banyak ini tidak kami tutup nanti setelah suami saya dapat hewan kurban dan daging kurban yang kami peroleh dimasak di warung sini sekalian menunggu wisatawan berdatangan," ujarnya.

Mereka berdua mengaku berdasarkan pengalaman liburan panjang Idul Adha akan semakin ramai dua hari setelah hari raya meski hari pertama ini pun sudah banyak yang berkunjung ke tempat wisata pantai yang ada di sekitar pesisir Rajabasa. Ia mengaku senang pasalnya dengan banyaknya pengunjung dagangan makanannya laris dan mendapat keuntungan lebih dibanding hari biasa.

“Kalau hari libur seperti ini, seperti tahun kemarin barang dagangan kami laris manis, dari mulai ikan bakar, gulai kerang sampai minuman ringan habis terjual. Alhamdulillah lumayan untuk menambah uang dapur” tuturnya.


Pantauan di lokasi, ratusan pengunjung lokasi wisata itu terlihat sejak pagi hingga siang hari. Rata-rata para pengunjung memadati area di bawah pohon pohon yang ada di pantai Canti sambil menggelar tikar. Beberapa diantaranya menyiapkan batok kelapa dan kayu bakar untuk membakar daging serta ikan. Sementara ratusan warga juga memanfaatkan untuk mandi di laut menggunakan ban.

Penyedia jasa ban pun tak kalah mendapat berkah dengan banyaknya wisatawan terutama anak anak kecil yang berenang menggunakan ban sebagai pelampung. Penyewaan ban yang dibanderol dengan harga Rp10ribu per ban banyak diminati terutama wisatawan anak anak yang dibawa berenang dengan penjagaan orangtua di sekitar pantai.

Dampak melonjaknya kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata sejumlah jalan menuju lokasi wisata mengalami kemacetan terutama di jalan pesisir dengan banyaknya pengunjung ke sejumlah lokasi wisata. Beberapa anggota polisi diterjunkan terutama di titik pertemuan jalan lintas Sumatera dan jalan menuju lokasi wisata.
(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: