MINGGU, 18 SEPTEMBER 2016

PONTIANAK --- Lahan gambut seluas lima hektar di  Jalan Khatulistiwa, Gang Flora, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, terbakar. Sejumlah pemadam kebakaran swasta maupun pemerintah turun ke lokasi guna memadamkan api.


Namun, setelah tiba di lokasi yang jalan sempit dan susahnya sumber air menyebabkan upaya pemadaman terhambat. Dengan alat seadanya petugas pemadam berjibaku memadamkan lahan gambut yang terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Aswin Taufik mengakui sulitnya memadamkan lahan gambut yang terbakar itu.

“Kesulitan memadamkan api karena tidak ada sumber air. Untuk menuju lokasi, tim juga kesulitan akibat susahnya akses,” kata Aswin Taufik, Minggu (18/9/2016).

Selain di Kecamatan Pontianak Utara, kebakaran lahan gambut juga terjadi di Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

“Di Pontianak Tenggara antara Jalan Sepakat 2 dan Jalan paris II luas sekali yang terbakar,” kata Aswin Taufik.

Dikatakan Aswin Taufik, sumber air di lokasi kejadian juga susah. Para petugas hanya bisa memadamkan dengan alat seadanya berupa kayu atau ranting kayu yang ada di lokasi lahan gambut terbakar.

“Tidak terjangkau mobil pemadam. Harus berjalan kaki. Lahan gambut. Bentasan yang terbakar 1 hektar.  Damkar BPBD masih lakukan pemadaman,” ujar Aswin Taufik. 
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: