SABTU, 10 SEPTEMBER 2016

KENDARI --- 20 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo (FPIK UHO) mengadakan kegiatan bakti sosial transplantasi terumbu karang di Desa Tapulaga Kecamatan Soropiya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, hari Sabtu (10/9/2016).


Oval Adrianto A, mahasiswa KKN Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan saat ditemui Cendana News menyampaikan, kegiatan tersebut bagian dari program kerja mahasiswa KKN tematik semester genap tahun akademik 2016/2017 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk dapat mengembangkan pimikiran sesuai keilmuan dan upaya mengimplementasikan ilmu yang didapatkan saat proses perkuliahan.

"Kegiatan transplantasi terumbu karang yang biasa dikenal dengan rehabilitasi karang secara pencangkokan atau pemotongan ini sangatlah penting, dengan melihat kondisi ekosistem laut khususnya  daerah pesisir yang semakin mengalami degradasi,"sebutnya.

Hal ini karena mengingat, terumbu karang merupakan suatu ekosistem laut yang dapat menunjang kehidupan berbagai jenis biota laut yang ada di sekitarnya, seperti tempat berkembang biak dan mencari makanan, dan mengandung keanekaragaman hayati yang tinggi.

"Serta, dengan adanya terumbu karang mampu menangkis ombak besar dan arus untuk dapat menghalangi pengikisan yang akan berdampak pada abrasi pantai sehingga perlindungan wilayah pantai tetap terjaga,"ujarnya.

Selain itu, Oval Adrianto berharap dengan adanya kegiatan ini mempu memberikan maafaat mengenai pentingya pelestarian ekosistem laut bagi kawan-kawan mahasiswa dan masyarakat setempat khususnya generasi muda yang sempat hadir membantu meyukseskan kegiatan yakni siswa siswi SMPN 3 Soropiya dan SD 2 Tapulaga tutur Oval Adrianto dengan penuh harapan.


Berdasarkan pantauan Cendana News selain perangkat desa setempat, masyarakat, dan puluhan siswa siswi SMPN 3 Soropiya dan SD 2 Tapulaga juga turut hadis dosen FPIK UHO sebagai pembimbing mahasiswa untuk menyukseskan kegiatan.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa berhasil melakukan transplantasi terumbu karang sebanyak 150 cangkokan atau sebanyak 10 wadah yang sudah siap dikembangkan.
[Siddiq Muharam]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: