JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Penyakit yang paling sering menyerang menjelang musim penghujan adalah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Mengingat bulan September sudah memasuki musim penghujan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Rahayu Kusdarini mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama air yang menggenang.

Plt Kepala Dinkes Ponorogo, Rahayu Kusdarini
"Tak hanya di sekitar rumah saja namun jarak 20 rumah harus juga dibersihkan," jelasnya saat ditemui Cendana News di kantor Dinkes, Jumat (2/9/2016).

Menurutnya, meski lingkungan rumahnya bersih kalau lingkungan tempat tinggalnya kotor dan banyak air yang menggenang bisa menjadi tempat penyebaran jentik-jentik nyamuk pembawa virus Dengue.

"Yang paling penting pola hidup sehat dan kalau bisa tidak boleh tidur siang pada pukul 10.00 WIB dan seterusnya biasanya nyamuk mulai keluar untuk menyerang," ujarnya.

Rahayu sapaan akrab Rahayu Kusdarini bahkan mengingatkan usaha 'Fogging' lebih kepada membunuh nyamuk yang terbang bukan pada jentik nyamuk.

"Jadi harus sering membersihkan bak kamar mandi, membuang air yang tergenang dan membersihkan sampah pada selokan agar terus mengalir," imbuh Rahayu.

Ia pun mengingatkan meski DBD sudah sering menyerang manusia namun jika sistem kekebalan tubuh bagus maka penyakit ini jarang bisa menembus manusia.

"Jadi pola hidup sehat harus dijaga betul dan jika ada anggota keluarga yang sakit lebih dari tiga hari maka segera periksa ke dokter," pungkasnya. 
(Charolin Pebrianti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: