SENIN, 5 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Selain menggelar berbagai kegiatan seni dan workshop, pada gelaran acara Pekan Budaya Indonesia (PBI) di Malang 1-5 September 2016 yang di gagas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengadakan sebuah pameran bertajuk 'Jalur Rempah' di Taman Krida Budaya kota Malang.


"Tema jalur rempah kita angkat karena bangsa Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang sangat luar biasa mengenai jalur rempah. Rempah dulu merupakan suatu komoditas yang sangat berharga. Bahkan karena rempah, orang rela menjelajah dunia,"terang Ninis salah satu panitia dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Senin (5/9/2016).

Menurutnya, rempah-rempah bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, pengobatan serta pengawet dan perisa makanan, bahkan di sekitar abad 16 rempah juga digunakan sebagai obat vitalitas. Di Eropa harga rempah-rempah sangat mahal dan jarang ditemukan. Beruntung di Indonesia memiliki Cengkeh dan Pala yang merupakan rempah endemik Indonesia dan tidak ada di tempat lain.


"Melalui pameran jalur rempah, kita ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya generasi muda bahwa bangsa Indonesia pernah sangat luar biasa bahkan karena kekayaan bangsa kita yang salah satunya adalah rempah, kita bisa membuat suatu perubahan di dunia,"ujarnya dengan semangat. 

"Selanjutnya agar anak cucu kita nanti bisa sadar dan bangga bahwa Indonesia memiliki kekayaan berupa rempah yang sempat menjadi buruan dari berbagai negara,"tambahnya.


Lebih lanjut Ninis mengatakan, agar masyarakat lebih paham mengenai jalur rempah, di dalam pameran tersebut juga disediakan berbagai macam permainan interaktif, diantaranya ular tangga, puzzle berbentuk peta nusantara dan menyusun rekontruksi keramik dan gerabah. Selain itu juga di tampilkan berbagai jenis rempah diantaranya Cengkeh, Pala dan Kerumbar

"Dengan adanya permainan interaktif tersebut diharapkan bisa menarik perhatian pengunjung untuk mempelajari lebih dalam mengenai jalur rempah,"pungkasnya.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: