MINGGU, 25 SEPTEMBER 2016

BALI --- ‎Sejarah perjuangan rakyat Bali dalam mempertahankan jengkal tanah mereka dari tangan penjajah terdokumentasikan dengan baik Bajra Sandhi. Monumen yang menjulang tinggi di kawasan Renon, Denpasar itu memang merekam secara apik heroisme perjuangan rakyat Bali. Tak hanya sekadar melawan penjajahan Belanda, episode metamorfosa kerajaan-kerajaan Bali juga terekam apik di monumen ini.


Monumen Bajra Sandhi sejatinya dibuat untuk menghormati para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. ‎Selain itu, monumen ini juga dibuat sebagai simbol pesemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi, dari zaman ke zaman.

Nuansa nasionalisme terlihat jelas dari dibuatnya 17 anak tangga yang ada di pintu utama, serta 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen yang menjulang setinggi 45 meter.‎ Diberi nama Bajra Sandhi lantaran bentuk monumen ini mirip bajra atau genta yang digunakan oleh Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada setiap upacara keagamaan. Monumen yang dibangun pada tahun 1987 ini berada di depan Kantor Gubernur Bali, Kantor DPRD Bali dan sejumlah instansi lainnya.


Meski sudah dibangun sejak lama, namun monumen ini baru diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri saat ia menjabat sebagai Presiden pada 14 Juni 2003. Di sekeliling monumen, masyarakat Kota Denpasar menggunakannya untuk berolahraga mulai dari bermain bola, voli, takraw atau sekadar joging.

Lokasi ini juga menjadi lokasi favorit bagi keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Divi contohnya. Ia mengajak serta suami dan anaknya untuk mengunjungi Monumen Bajra Sandhi. Katanya, untuk memperkenalkan anaknya yang masih duduk di bangku kelas 3 SD tentang sejarah perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Indonesia.


"Saya ke sini bersama suami dan anak. Cukup senang dengan monumen ini, karena anak saya bisa belajar banyak tentang sejarah kerajaan di Bali dan bagaimana perang Puputan warga Bali itu berlangsung," kata perempuan 33 tahun itu kepada Cendananews, Minggu 25 September 2016.

Ya, di dalam monumen memang terdapat patung-patung kaca yang di dalamnya terdapat perjuangan rakyat Bali. Patung-patung itu seakan menghadirkan nuansa Bali kuno kala kerajaan-kerajaan masih berjaya. Selain menjadi lokasi favorit untuk menghabiskan akhir pekan, Monumen Bajra Sandhi juga sering dijadikan lokasi favorit untuk foto pre-wedding.
(Bobby Andalan)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: