JUMAT, 9 SEPTEMBER 2016

SUMENEP --- Menjelang hari raya Idhul Adha sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai melonjak. Mengingat sekarang ini kebutuhan masyarakat mengalami peningkatan yang cukup drastis, sehingga sangat berpengaruh terhadap kondisi harga bahan kebutuhan pokok di berbagai pasar tradisional daerah setempat.

Suasana pedagang sembako sedang menjajalkan barang dagangannya di pasar tradisional Kabupaten Sumenep.
Kenaikan harga kebutuhan pokok memang menjadi agenda tahunan ketika menjelang hari raya Idhul Adha, sebab permintaan dari konsumen terhadap bahan kebutuhan pokok tersebut semakin bertambah dibanding dengan hari-hari biasa. Akibatnya ketika ketersediaan barang semakin sedikit, secara otomatis harga semakin tinggi, bahkan ada sebagian bahan kebutuhan pokok kenaikanan harganya mencapai 50 persen.

“Sejak dua hari lalu sejumlah harga kebutuhan pokok di daerah ini sudah mulai mengalami kenaikan, karena kebutuhan masyarakat terhadap berbagai bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut  sudah meningkat. Sehingga itu sangat berpengaruh terhadap kondisi harga dari hari-hari biasanya, makanya saat ini harga kebutuhan pokok sudah mulai melonjak,” kata Salimah (39), salah seorang pedagang sembako di pasar tradisional Anom Baru, Kabupaten Sumenep, Jumat (9/9/2016).

Disebutkan, bahwa dengan naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut membuat para pedagang tidak berbuat banyak, sehingga ia pun terpaksa juga ikut menaikkan harga barang dagangannya. Karena kenaikan harga tersebut memang dari tempat mereka mengulak barang dari pedagang besar maupun petani, maka ketika saat menjual dipasar hanya mengambil keuntungan yang tidak begitu banyak agar barang dagangannya cepat laku.


“Jika kondisi harga kebutuhan pokok sudah mulai merangkak naik, kami hanya mengambil keuntungan sedikit. Karena konsumen selalu mengeluh, maka ketika ambil hasil lebih banyak khawatir barang dagangan yang kami jual tidak mudah laku, jadi tidak apa-apa mendapat hasil sedikit yang terpenting barang kami cepat laku,” jelasnya.

Sementara sejumlah bahan kebutuhan pokok yang mengelami kenaikan harga, diantaranya, bawang putih yang semula harganya hanya Rp.28.000 per Kilo gram, kini naik menjadi Rp.32.000 per Kilo gram, sedangkan bawang merah yang semula harganya hanya Rp.26.000 per Kilo gram, kini mencapai Rp.35.000 per Kilo gram, dan paling tinggi kenaikan harga terjadi pada cabai besar, semula yang harganya Rp.20.000 per Kilo gram, kini menjadi Rp.40.000 per Kilo gram. 
(M. Fahrul)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: