SABTU, 24 SEPTEMBER 2016

BANDUNG --- Kendati sempat diwarnai beberapa masalah seperti aksi protes, walkout bahkan keributan, namun Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang digelar di Jawa Barat berjalan lancar. Apalagi dengan sokongan dana minim dari pemerintah pusat, Jawa Barat mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi para kontingen luar.


"Penilaian saya, sejauh ini PON berjalan dengan lancar," kata Imam di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, sejumlah masalah dalam penyelenggaraan PON dinilai merupakan hal wajar. Apalagi sejauh ini Panitia selalu menyelesaikan permasalahan secepat mungkin melalui Chief de Mission (CdM) Meeting yang digelar setiap hari.

"Setiap hari dilakukan evaluasi dan hasil evaluasi menjadi rujukan untuk penyelenggaraan PON esok sampai finis nanti," ungkapnya.

Imam pun berharap, pada penyelenggaraan PON XX di Papua mendatang bisa lebih baik. Pasalnya, untuk menggelar event nasional sekelas PON bukan hal yang mudah, beragam persoalan dan hambatan bisa terjadi kapan saja.

Salah satu sisi positif dari pelaksanaan PON di Jawa Barat adalah dari sisi anggaran. Pemprov Jawa Barat bisa memaksimalkan anggaran dari pemerintah pusat yang jumlahnya sekira Rp130 miliar. Tapi Pemprov Jawa Barat mengeluarkan kocek lebih banyak dari APBD-nya yang lebih dari Rp2 triliun.

"PON XIX ini jadi pelajaran bagi kita bahwa jadi tuan rumah PON itu tidak mudah. Seperti PON XIX ini, pembiayaan PON sepenuhnya ditangani pemprov lewat APBD-nya kurang lebih Rp 2 triliun. Pemerintah pusat hanya memberi sokongan sekira Rp130 miliar," jelasnya.

"Artinya bagi tuan rumah PON mendatang harus siap-siap dari sekarang untuk PON yang benar-benar dilaksakanan untuk kepentingan Provinsi dan nasional," imbau Imam.

Imam pun mengimbau, setelah PON berakhir, Pemprov Jabar diharapkan bisa memanfaatkan venue olahraga yang sudah ada dengan baik.

" Ini harus jadi perhatian agar dimanfaatkan bagi kejuaraan yang akan datang. Sehingga pengorbanan luar biasa PB PON (membangun venue) akan menghasilkan prestasi di masa yang akan datang," tandas Imam.
[Rianto Nudiansyah]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: