SABTU, 24 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Meski anggaran Pemerintah Kota tengah defisit, Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Balikpapan masih mengharapkan bantuan dana hibah dari pemerintah. Pasalnya, dana hibah APBD kota ke PMI tahun 2015 sebesar Rp7 miliar.


Ketua PMI Balikpapan, M Arfan menerangkan, dana hibah dari pemerintah menjadi acuan dalam penyelenggaraan administrasi keuangan PMI. Dengan tujuan untuk memberikan pelayanan darah terbaik terhadap pasien yang membutuhkan.

"Dana hibah Pemkot itu juga digunakan untuk pengadaan alat-alat labotarorium skiring darah, karena untuk pengadaan alat tentunya tidaklah murah," ucapnya di Balikpapan, Jumat (23/9/2016).

Meski kini pemerintah dengan kondisi defisit anggaran Pemkot, la mengaku tetap mengharapkan bantuan dana hibah dari Pemkot. Mengingat dana hibah itu dibutuhkan untuk pengadaan peralatan laboratorium yang berstandar internasional untuk meningkatkan mutu pengolahan darah.

"Berapapun jumlahnya yang diberikan Pemkot, kita tetap terima sehingga kami tetap mengajukan anggaran. Kita masih membutuhkan dana Rp 20-25 miliar untuk penambahan satu alat otomatik skrining darah yang berstandar internasional," sambung Arfan.

Alat yang ada sekarang masih sebatas mengamankan darah dari penyakit menular. Dimana prosesnya darah diamankan, diskiring sehingga jika terjadi temuan yang mengandung penyakit menular maka langsung dimusnahkan.

Sementara itu, di tahun 2015 lalu, PMI Balikpapan berhasil mengumpulkan 24 ribu kantong darah. Jumlah itu setara dengan Rp8,6 miliar.

Lanjut Arfan, sumber dana PMI Balikpapan berasal dari pengolahan darah melalui unit transfusi darah (UTD) dan dana hibah APBD Balikpapan.

"Darah yang diolah dapat menghasilkan 24 ribu kantong dalam satu tahun. Satu kantong darah dijual Rp360 ribu sehingga dalam satu tahun PMI mendapatkan dana UTD sekira Rp 8,640 miliar.

Arfan menambahkan uang yang dihasilkan dari UTD digunakan untuk biaya operasional PMI diantaranya pembayaran listrik, dana kebersihan, untuk biaya perawatan alat-alat, gaji pengawai dan lainnya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: