SELASA, 27 SEPTEMBER 2016

SAMPANG ---Minimnya tenaga tenaga sukarelawan yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mengalami kendala dalam melakukan distribusi makanan terhadap para korban banjir. 


Kendala dalam pendistribusian makanan kepada korban banjir di daerah ini tidak hanya disebabkan minimnya personel, melainkan sarana dan prasarana yang dimiliki untuk mengantar makanan juga belum memadai, sehingga membuat pendistribusian tersebut agak berjalan lambat. 

“Jadi minimnya personel membuat distribusi makanan bagi masyarakat yang menjadi korban banjir mengalami kendala, sehingga kami sangat kewalahan. Seandainya personel banyak kemungkinan tidak akan keteteran seperti ini,” kata Syamsul Arifin, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sampang, Selasa (27/9/2016).

Disebutkan, meskipun keterbatasan personel yang akan mendistribusikan makanan bagi para korban banjir, pihak akan tetap melakukan upaya secara maksimal agar kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi tetap terpenuhi. Agar beban derita yang dialami selama dalam suasana bencana banjir lebih terasa ringan, sebab mereka memang perlu diperhatikan secara secara serius.

“Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjadi korban banjir, kami telah membangun dapur umur di tiga titik. Sehingga itu bisa membantu meringankan beban masyrakat yang ada di daerah dampak bencana banjir,” jelasnya.


Sedang tiga titik yang menjadi tempat pendirian dapur umum, diantaranya Jl. Semeru, sekitar Gua Lebar dan di Jl. Imam Gozali. Karena daerah tersebut merupakan lokasi dataran tinggi, sehingga meskipun terjadi banjir daerah itu tidak tergenang air luapan sungai yang ada di daerah ini.

Setiap dapur umum yang telah disediakan hanya mampu mendistribusikan nasi sedikitnya 1.500 bungkus per hari, sehingga secara keseluruhan setiap hari mengeluarkan nasi sebanyak 4.500 bungkus, itupun dibuka sejak pagi hingga sore hari.
[M. Fahrul]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: