SABTU, 17 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Jenuh dengan aktifitas di kota dan seabrek rutinitas sepanjang pekan membuat kebutuhan akan relaksasi otak dan penyegaran tubuh bisa dilakukan pada akhir pekan. Salah satu lokasi yang bisa digunakan untuk melakukan relaksasi pikiran dan membuang segala beban setelah sepekan bekerja diantaranya bisa dilakukan di salah satu destinasi wisata di Lampung ini. Dikenal dengan muncak Tirtayasa, karena berada di ketinggian dengan menyajikan pemandangan menarik dan sekaligus bisa menikmati wisata pantai karena setelah menikmati muncak Tirtayasa wisatawan juga bisa melanjutkan menikmati hawa sejuk pantai Tirtayasa. 


Lokasinya yang berada di Kabupaten Pesawaran yang tak jauh dari Bandarlampung membuat lokasi ini menjadi tujuan favorit para pemburu keindahan sekaligus menyegarkan pikiran. Bahkan bagi para pecinta fotografi dan juga pegiat aktifitas di media sosial lokasi ini sering dijadikan tempat untuk mengabadikan momen momen indah meski tetap harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca sebab pemandangan ke arah laut dengan kondisi berkabut membuat laut terlihat samar. Ditempuh dengan jarak sekitar 40 kilometer dari kota Bandar Lampung membuat lokasi ini banyak dikunjungi saat akhir pekan terutama oleh anak anak muda.

"Saya sudah dua kali mengunjungi lokasi ini memang awalnya diajak teman tapi sekarang saya yang mengajak teman karena ingin tahu lokasi ini, lokasi yang bisa melihat pemandangan dari puncak ke arah Teluk Lampung yang kadang kadang dipenuhi kapal kapal," ungkap Kiki salah satu pengunjung di Muncak Tirtayasa saat ditemui Cendana News, Sabtu (17/9/2016).

Menuju lokasi ini wisawatan juga sudah disuguhkan dengan pemandangan perkebunan warga yang dipenuhi pepohonan buah buahan, sayuran serta rumah rumah warga yang masih alami. Sebagai lokasi wisata yang bisa dikunjungi oleh umum, cukup merogoh kocek sebesar Rp2.000,- atau kadang kadang Rp5.000 per orang tergantung kondisi kunjungan. Faktor kunjungan wisatawan yang berkunjung saat hari biasa dan hari libur akhir pekan dan libur panjang konon menjadi sebab tiket yang berbeda tersebut. Salah satu titik yang cukup banyak dijadikan tempat untuk berswa foto para pemuda kekinian diantaranya bangunan kayu yang bisa digunakan menghadap ke pantai. 


Menurut Kiki yang juga kuliah di Yogyakarta, ia mengaku lokasi tersebut sama persis dengan Kalibiru sehingga bisa memandang pemandangan dari ketinggian. Meski lokasi yang ads di muncak ini hanya satu titik namun untuk melakukan aktifitas swa foto (selfie) atau berfoto bersama (wefie) paar pengunjung harus bersabar dengan banyaknya pengunjung ingin berfoto di titik yang sama. Antrian bahkan bisa cukup panjang akibat keinginan yang sama untuk berfoto di lokasi tersebut meski lokasi untuk berfoto banyak tersedia di lokasi tersebut.

Selain bisa menikmati pemandangan atau sekedar berfoto foto, pengunjung juga bisa melihat langsung Teluk Lampung dari ketinggian sambil menikmati secangkir kopi Lampung atau saat kondisi panas terik bisa menyeruput es kelapa muda yang disediakan di warung atau kafe di sekitar lokasi. Puas berada di muncak Tirtayasa pengunjung pun masih bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi lain yang dikenal dengan Pantai Tirtayasa. Infrastruktur penunjang diantaranya angkutan umum yang masih belum rutin ke lokasi ini membuat perjalanan wisata lebih banyak dilakukan oleh pengguna kendaraan pribadi dan kendaraan roda dua.

Kiki yang juga anggota klub motor tersebut mengaku sering melakukan aktifitas gathering serta berkumpul bersama komunitas motor miliknya. Selain melakukan wisata akhir pekan, berkumpul bersama anggota perkumpulan motor bisa menjadi pemersatu dan meningkatkan solidaritas. Beberapa anggota komunitas pun mengaku saat ini selain hanya melakukan aktifitas motor para anggota komunitas sekaligus bisa menjadi duta wisata dengan memperkenalkan tempat tempat wisata potensial di Lampung.


Masih berada di Kabupaten Pesawaran, Kiki, salah satu pengunjung mengaku menyukai wisata pantai tepatnya Pantai Tirtayasa. Pantai ini menyajikan keindahan air laut yang cukup tenang dan biusa dimanfaatkan untuk berenang. Meski demikian pantai tersebut cukup banyak diminati wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai sekaligus melarikan diri dari penatnya hidup setelah bekerja selama sepekan. Laut yang membiru dipadu dengan pegunungan di Lampung cukup bisa membuat suasana santai.

Ombak yang cukup tenang di lokasi ini membuat lokasi ini cocok digunakan untuk berenang anak anak tentunya dengan pelampung dan pengawasan orangtua. Tak mau nyemplung ke laut dengan airnya yang jernih pengunjung pun bisa cukup berteduh di gubuk gubuk yang banyak disediakan lengkap dengan sajian khas kelapa muda yang ada di lokasi ini. Jajaran pohon pohon dominasi pohon kelapa menjadikan lokasi ini menjadi destinasi sepaket dengan muncak Tirtayasa. Selain itu deretan pantai pantai lain di sepanjang Kabupaten Pesawaran diantaranya pantai Sari Ringgung, Pantai Kelapa Rapat serta Pantai Mutun bisa jadi lokasi wisata di akhir pekan ini. 
(Henk Widi)

Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: