RABU, 28 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Banyak nilai yang dapat digali oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat melakukan safari ziarah ke makam para Presiden dan Pahlawan Nasional Indonesia. Salah satunya adalah saat ziarah di makan Jendral Besar H.M Soeharto beserta Ibu Tien Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 


“Beliau (Soeharto) adalah pelaku perjuangan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada saat Perwira. Kemudian beliau juga Presiden sebagai Panglima Tertinggi TNI tentunya banyak nilai yang digali dari sosok beliau” papar Panglima seusai melakukan ziarah kepada awak media, Rabu siang (28/9/16). 

Panglima TNI juga menyebut sosok Soeharto dilihat dari segi militer Indonesia juga sangat berjasa. Terutama dalam latihan-latihan meningkatkan kemampuan prajurit, Presiden Ke 2 Indonesia ini banyak menjadi guru bagi rekan seangkatan maupun para juniornya. 

“Saya mendengar dari para sesepuh dan senior, jika para senior-senior selalu mengintip kalau Pak Harto  (Soehato) melakukan latihan-latihan militer.  Apa yang dilakukan Pak Harto juga dilakukan oleh para senior-senior” terangnya. 


Dijelaskan, mulai 2016 TNI setiap tahun akan melakukan ziarah ke makam para Presiden. Selain sebagai Panglima Tertinggi TNI, Presiden yang telah mendahului adalah merupakan pahlawan yang telah banyak berjuang untuk Bangsa Indonesia saat ini.

Bagi generasi muda, TNI menghimbau agar jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena apa yang dinikmati hingga saat ini tak lain hasil jerih payah perjuangan para pahlawan.  

“Sejarah perjuangan bangsa itu ada peristiwa-peristiwa penting yang menjadi pembelajaran bagi kita. Di peristiwa penting itu yang memunculkan tokoh-tokoh perjuangan Indonesia. Karena TNI dilahirkan dari pahlawan tersebut, sehingga generasi jangan sampai lupa dengan pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan” imbuhnya. 

Sementara itu, Putra Presiden Soeharto,  Siti Hediati Hariyadi yang mendampingi Panglima TNI berziarah di Astana Giribangun mengungkapkan sangat mendukung program TNI untuk melakukan ziarah ke makam pahlawan.  


“Alhamdulillah kami dari keluarga bersyukur terimakasih Panglima berserta Kepala Staf dan Pangdam hadir di sini untuk menghormati dan mengirim doa untuk Pak Harto dan Ibu Tien. Saya kira ini tradisi yang baik untuk mengenang jasa para pahlawan” tandas perempuan yang akrab disapa Titiek Soeharto. 

Dalam ziarah  ke Astana Giribangun ini, Panglima TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf TNI. Seperti Kepala Staf Angkatan darat (KSAD), Jendral TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angakatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Agus Supriatna, dan Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Selain itu, seluruh Panglima Kodam (Pangdam) se Indonesia juga turut hadir dalam rangakian HUT TNI ke 71 tersebut. 
(Harun Alrosid)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: