RABU, 7 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Setelah beberapa tahun tertunda, keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk membangun Pasar Blimbing menjadi pasar yang lebih modern lagi nampaknya akan segera terealisasi. Hal tersebut setelah terdapat kesepakatan antara Pemkot Malang, investor dan para pedagang untuk menyelesaikan semua permasalahan Pasar Blimbing pada pertengahan bulan September ini.


"Kami harapkan pada bulan September ini para pedagang bisa secepatnya pindah ke Tempat Penampungan Sementara (TSP) yang berada di bekas Stadion Blimbing. Bahkan kalau mau, mulai sekarang para pedagang sudah bisa mempersiapkan tempat dagangannya di TPS," ucap Wahyu Setianto, Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Senin (5/9/2016). Untuk proses boyongan pedagang ke TPS, semuanya akan dibantu dinas Pasar, imbuhnya.

Ia juga menyampaikan bahwa masalah blok plan sebenarnya sudah selesai. Tapi nanti tinggal menyesuaikan lagi dengan pengurangan pedagang sebanyak 166 yang rencananya akan di pindah ke pasar lain, bukan di Pasar Blimbing lagi.

"Ke 166 pedagang ini merupakan pedagang yang tidak lolos verifikasi karena tidak rutin membayar retribusi, memiliki lapak ganda dan tidak aktif berdagang," terangnya.

Selain Dinas Pasar, investor juga memiliki tugas untuk segera membersihkan dan memperbaiki pasar penampungan yang nantinya akan di gunakan oleh para pedagang.

"Kalau menurut saya di lokasi TPS masih ada yang kekurang, oleh karena kami harapkan pihak investor bisa segera menyelesaikannya agar bisa segera ditempati pedagang," pungkasnya.

Sementara itu, sebenarnya sejak lima tahun yang lalu Pemkot Malang sudah berkeinginan untuk membenahi pasar Bliming. Namun karena beberapa hal dan mendapat penolakan dari pedagang, sehingga perbaikan pasar tersebut tertunda hingga sekarang.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: