RABU, 14 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Hari Raya Idul Qurban rupaya mendatangkan rizki tersendiri bagi penyedia jasa penggilingan daging di Pasar Jongke, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Pasalnya, sejak Senin kemarin (12/9), tak pernah sepi.


Salah satu penyedia jasa penggilingan daging, Martini mengaku, lebaran qurban ini menjadi momen yang sangat menguntungkan. Sebab, di hari biasa, pengunjung yang datang menggilingkan daging hanya didominasi pedagang bakso langganannya, yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, memasuki musim kurban seperti ini, pengunjung yang datang bisa mencapai ratusan. 

“Kalau hari biasa paling cuma 15 pelanggan, tapi kalau Idul Qurban bisa mencapai 100 lebih,” ucap Martini saat  ditemuai Cendana News, Rabu (14/9/2016).


Dikatakan lebih lanjut, omzet yang didapatkan penyedia jasa penggilingan daging juga berlipat ganda dibanding dengan hari biasa. 

“Keuntungan bisa mencapai 4 kali lipat dibanding hari biasa,” jelasnya.

Menurut Martini, pusat penggilingan daging di Pasar Jongke sejak pukul 07.00 WIB sudah  mulai ramai didatangi warga. Kondisi ramainya warga yang ingin menggilingkan daging mulai hari pertama Hari Raya hingga empat hari setelahnya. Antrean daging untuk digiling juga cukup panjang, dan warga harus bersabar. 

“Biasanya bisa 3-4 jam baru bisa dilayani,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga Sukatno mengatakan, dirinya sudah antrian lebih dari 3 jam untuk menggilingkan 2 kilogram dagingnya. Dirinya memilih menggilingkan daging qurban agar dapat lebih awet dan fleksibel untuk dijadikan olahan  makanan. 

“Digilingkan biar lebih awet, bisa untuk baso maupun galantine,” paparnya.

Diakui Sukatno, tarif yang dikenakan penggilingan daging antara hari biasa dengan momentum Idul Qurban berbeda. Jika hari –hari biasa tarif jasa penggilingan daging per satu kilogramnya hanya Rp 5 ribu, saat idul Adha ini satu kilogramnya bisa mencapai 10 ribu bahkan lebih. 

“Tapi ya kita maklumi, karena ini masih ramai yang menggilingkan daging harganya pasti juga naik. Dimana-mana jasa penggilingan daging memang naik kalau musim seperti ini,” pungkasnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: