SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

BALI --- Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster memimpin rombongan petinggi parpol progresif dari puluhan negara mengunjungi Subak Sembung di Desa Peguyangan, Denpasar Utara, Selasa (20/9). Subak merupakan sistem pertanian tradisional Bali. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari Seminar Internasional Progressive Alliance yang melibatkan partai politik dari 24 negara di kawasan Asia dan Eropa, dan 13 organisasi buruh internasional.


Kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut, Koster mengatakan kunjungan tersebut merupakan upaya untuk memperkenalkan subak kepada delegasi parpol internasional itu. "Kunjungan ini untuk mempromosikan sistem pertanian tradisional Bali, Subak, yang sudah mendapat pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia, world hetitage culture. Mereka sebagai anggota parlemen di negaranya belajar tentang sistem pertanian tradisional Bali," jelas Koster.

Bakal calon Gubernur Bali ini melanjutkan, kunjungan tersebut juga untuk mengetahui budaya Bali secara nyata di Bali. "Ini belajar mengetahui secara detail, nyata budaya Bali. Kita patut berbangga kegiatan ini bisa dilaksanakan untuk memperkenalkan sistem pertanian tradisional Bali, sebagai bagian dari budaya Bali," ujar Koster.

Koster menambahkan, selain memperkenalkan Subak sebagai budaya Bali, kegiatan tersebut juga untuk mempromosikan Subak sebagai destinasi wisata. PDIP kata Koster, akan mengembangkan Subak sebagai destinasi wisata, termasuk desa wisata. Hal itu direalisasikan dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana yang diusung PDIP, khususnya di bidang pembangunan pariwisata di Bali.

Selama kegiatan berlangsung, para delegasi parpol itu dijelaskan secara komprehensif tentang Subak. Mereka kemudian ke menyaksikan secara langsung aktivitas petani yang sedang membajak sawah menggunakan sapi.


Pada kunjungan tersebut, Koster didampingi Sekretaris DPD PDIP Bali yang juga wakil walikota Denpasar IGN Jayanegara, Ketua DPC PDIP Badung yang juga bupati Badung Nyoman Giri Prasta, ketua DPC PDIP Kota Denpasar yang juga ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, beberapa anggota fraksi PDIP DPRD Bali dan DPRD Kota Denpasar, dan ratusan kader PDIP. Tampak hadir juga Panglingsir Puri Agung Peguyangan, Anak Agung Ngurah Gede Widiada. Dari DPP PDIP diwakili oleh Diah Pitaloka.
[Bobby Andalan]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: