MINGGU, 18 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Pecinta dan penghobi motor yang didesain khusus (custom) dari beberapa wilayah di Provinsi Lampung diantaranya dari kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Utara dan dari wilayah Bandung Provinsi Jawa Barat berkumpul di salah satu destinasi wisata bahari di Kabupaten Lampung Selatan. Pantai Embe yang berada di kota Kalianda di pilih sebagai lokasi bertemunya para pecinta kendaraan roda dua yang secara fisik terlihat gahar dan kekar tersebut. 


Heriza Kurniawan, ketua umum komunitas motor custom menyebutkan, perhelatan Camride MMXVI-Kastemride Syndicate merupakan acara tahunan Kastemride Syndicate MC dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar anggota dan untuk melantik anggota baru untuk menjadi anggota tetap Kastemride Syndicate.

Menurut Heriza, kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Kastemride Syndicate dari beberapa komunitas dengan total peserta sebanyak 27 orang diantaranya Mother Chapter Bandar Lampung sebanyak 17 orang, Chapter Tulang Bawang sebanyak 8 orang, Chapter Lampung Utara sebanyak 1 orang dan Chapter Bandung 1 orang.

Dalam acara ini juga akan dilakukan kegiatan sharing and discussion untuk menampung aspirasi anggota demi kemajuan klub dengan kegiatan selama dua hari sejak Sabtu (17/9) dan akan berakhir pada hari Minggu siang ini. Selain mengendarai kendaraan custom masing masing para rider juga menginap di pantai Embe menggunakan tenda yang didirikan di atas pantai yang terkenal dengan pasir putihnya tersebut.

“Kami datang dari berbagai kota dan berkumpul bersama di tempat ini Pantai Embe untuk menjalin silaturahmi sekaligus mengexplore keindahan pantai di Lampung bagi para pecinta motor custom,”terang Heriza ketua umum kastemride syndikate saat dikonfirmasi Cendana News di pantai Embe kawasan Merak Belantung Kalianda, Minggu (18/9/2016).

Komunitas motor nyentrik yang sudah berdiri sejak tahun 2015 ini memilih pantai Embe karena lokasi yang dekat dan diikuti oleh peserta dari berbagai aliran tanpa membatasi asal dan jenis motor. Selain kegiatan di Kalianda bulan depan semua anggota akan mengikuti custom face di Yogyakarta yang merupakan even berkumpulnya para builder custom dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Heriza mengaku salah satu motor custom tertua di dalam keanggotaannya diantaranya Binter tahun 1980, Yamaha XS 600 C 1973. Selain itu peserta juga beragam umur dari umur 18 hingga umur 60 dari berbagai profesi pecinta motor custom tersebut.

Berdasarkan keterangan pecinta motor custom, trend aliran modifikasi motor custom disukai oleh kalangan anak muda untuk mempercantik kuda besi yang mereka naiki. Aliran modifikasi motor custom ada banyak macamnya karena meski bentuknya mirip tapi nama aliran modifikasinya beda. Aliran modifikasi yang dikenal kalangan pecinta motor custom diantaranya:

1. Cafe Racer
Merupakan aliran modifikasi motor custom yang mengadopsi gaya balap zaman dahulu. Aliran cafe racer dibagi menjadi dua yaitu tanpa fairing dan menggunakan fairing penuh atau setengah. Ciri khas aliran cafe racer menggunakan setang jepit yang otomatis posisi badan lebih menunduk ketika berkendara seperti motor balap. Ciri khas lain berupa jok rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas seperti ekor tawon. Selain itu tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit di paha.

3. Bobber
Modifikasi aliran motor custom bobber memiliki ciri khas berupa bagian roda yaitu ban yang cenderung memiliki profil besar untuk depan maupun belakang. Bobber sangat cocok untuk bersantai berkeliling kota.

3. Chopper
Choper merupakan aliran modifikasi motor custom yang memiliki ciri ciri menonjol pada bagian fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus (custom) sesuai panjang fork dan kemiringannya. Diameter ban depan cenderung lebih besar dibanding belakang,bentuk setang juga tinggi dan jok rendah. Sehingga chopper sendiri sangat cocok untuk berkendara santai.

4.HotRod

Hot rod mengusung ciri khas blok besar dan mesin besar dengan tampilan cat sangar dominasi hitam doff dengan pernik merah dan putih. Ciri khas merah tersebut membuat suatu motor disebut beraliran hot rod meski tanpa ciri khas tampilan tertentu.


Selain jenis tersebut masih ada aliran Jap's style, Brat Style, scramble, flat tracker, dan street tracker. Berbagai aliran modifikasi motor custom tersebut merupakan inspirasi para pecinta modifikasi yang menginginkan tampilan motornya lebih sangar dan menarik untuk dikendarai.

[Henk Widi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: