JUMAT, 16 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Pegiat wisata di Lampung menyambut positif masuknya dua destinasi wisata alam yang ada di Provinsi Lampung masuk dalam nomimasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016). Dua destinasi wisata tersebut merupakan destinasi wisata bahari diantaranya Pulau Pahawang yang berada di Kabupaten Pesawaran dan Pantai Tanjung Setia di Kabupaten Lampung Barat. 


Pulau Pahawang terkenal dengan surga snorkeling dan pesona bawah laut yang menawan serta favorit para penyelam dan alam bawah laut sementara pantai Tanjung Setia merupakan surganya para peselancar dunia yang ingin menikmati sensasi bermain ombak Samudera Hindia. Sebagian besar peselancar bahkan merupakan wisatawan mancanegara yang ingin merasakan berrselancar di kabupaten paling Barat di Lampung tersebut.

Berthin (34) salah satu pemilik agen troul and travel atau perjalanan wisata menyambut positif masuknya dua destinasi wisata tersebut dalam nominasi API 2016. Ia mengaku tren kunjungan wisatawan dari luar Provinsi Lampung menurutnya mulai merangkak naik semenjak tahun 2013 awal seiring dengan beberapa faktor. Pertama faktor mudahnya akses transportasi langsung dari luar Lampung terutama Jakarta melalui jalur udara dan jalur laut. Kedua faktor media sosial yang mulai banyak mengenalkan beragam destinasi wisata di Lampung yang selama ini jarang dikenal. Ketiga keindahan alami yang dimiliki oleh destinasi wisata yang akan dikunjungi. Ia bahkan mengaku kunjungan wisatawan ke Lampung yang saat ini banyak dilakukan wisatawan diantaranya Pantai Tanjung Setia, Pulau Pahawang, serta berbagai destinasi wisata lain diantaranya Teluk Kiluan dengan pesona lumba lumba di tempat tersebut.


"Saat ini kami menyediakan fasilitas paket perjalanan wisata ke sejumlah lokasi wisata di Lampung namun dominan wisatawan memilih ke Pulau Pahawang dan Teluk Kiluan, kami sediakan lengkap akomodasi ke destinasi tersebut," ungkap Berthin saat dikonfirmasi media Cendana News via telepon selulernya, Jumat (16/9/2016).

Berthin mengakui peluang untuk para pelaku wisata ini menjadi kesempatan provinsi Lampung dalam mengembangkan potensi wisata bahkan dengan potensi wisata alam yang banyak diminati wisatawan. Selain itu Lampung juga memiliki Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) serta destinasi wisata lain yang menarik. Meski demikian dengan masuknya dua destinasi wisata di Lampung dalam API 2016 ia berharap kunjungan wisatawan ke Lampung semakin meningkat.

Berdasarkan data wisatawan yang berkunjung ke Lampung menggunakan jasa perjalanan wisata yang dikelolanya sejak tahun 2013 sudah mencapai 900 orang lebih. Data tersebut merupakan data pengguna paket perjalanan wisata yang dimilikinya dan ia yakin pengunjung ke Lampung untuk berwisata sangat tinggi. Ia juga berharap infrastruktur penunjag di Lampung diantaranya jalan ke lokasi wisata dan fasilitas hotel semakin membaik dengan tingginya jumlah kunjungan wisatawan ke Lampung. Kunjungan wisatawan ke Lampung terjadi rata-rata saat libur akhir pekan dan libur panjang.


"Masuknya dua destinasi wisata dalam nominasi API 2016 menjadi bukti bahwa destinasi wisata alam di Lampung juga tak kalah menarik dengan daerah lain dan kita sebagai pelaku wisata akan mendapat dampak positif dengan semakin banyaknya jumlah kunjungan wisatawan," ungkap Berthin.

Penghargaan API 2016 direncanakan akan diberikan pada Jumat (16/9) oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Anugerah pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih mempromosikan potensi wisata di daerahnya masing masing.

Penghargaan rencananya akan diberikan oleh Menteri Pariwisata Indonesia kepada kepala daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau objek wisata wisata tersebut berada. Dua destinasi wisata di Provinsi Lampung yang masuk nominasi API 2016 masuk dalam kategori yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata.

Kategori I Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise).

1. Pulau Anambas-Anambas, Kepulauan Riau
2. Pulau Berhala-Serdang Badagai, Sumatera Utara
3. Pulau Karampuang- Mamuju, Sulawesi Barat
4. Pulau Maratua- Berau, Kalimantan Timur
5. Pulau Pahawang_Pesawaran, Lampung
6. Pulau Sangiang- Serang, Banten
7. Pulau Sebuku-Kotabaru, Kalimantan Barat
8. Kepulauan Kei- Maluku Tenggara, Maluku
9. Kepulauan Mandeh- Pesisir Selatan, Sumatera Barat
10.Kepulauan Togean- Tojo Unauna, Sulawesi Tengah

Kategori VI Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot)
1. Nusa Lembongan- Klungkung, Bali
2. Ombak Bono Sungai Kampar- Pelalawan, Riau
3. Pulau Nias- Nias, Sumatera Utara
4. Pulau Panaitan-Pandeglang, Banten
5. Pulau Sipora- mentawai, Sumatera Barat
6. Pantai Lakey-Dompu, Sumatera Tenggara Barat
7. Pantai Nambrela-Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
8. Pantai Ombak Tujuh- Sukabumi, Jawa Barat
9. Pantai Plengkung-Banyuwangi, Jawa Timur
10.Pantai Tanjung Setia-Lampung Barat Lampung

(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: