SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) berencana melakukan pelayanan jempug bola bagi warga Balikpapan, yang belum melakukan perekaman khususnya di daerah pinggiran. Daerah pinggiran itu seperti daerah yang memang sulit dijangkau yakni Karangjoang dalam dan Kariangau. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Kepala Disdukcapil Balikpapan Chairil Anwar menjelaskan layanan menjemput bola itu menggunakan satu mobil keliling yang dimiliki kota Balikpapan. Dimana mobil itu merupakan pemberian dari Kementrian Dalam Negeri beberapa waktu lalu. 

"Iya mobil keliling ini akan dioperasional tapi dilihat lagi kemampuan anggaran di tahun ini. Sekarang diusulkan pada anggaran tambahan 2016 untuk mobilitas operasionalnya," jelasnya saat ditemui Selasa, (20/9/2016).

Menurutnya, pelayanan ini jemput bola menggunakan mobil keliling itu seperti di kantor Disdukcapil yakni melayani seluruhnya bukan hanya perekaman KTP. "Kayak SIM gitu atau ada iven-iven tertentu ya kita ikut nanti. Nah kemudian pelayanan semua kayak KTP, KK, surat pindah. Tidak hanya difokuskan perekaman saja. Semuanya kayak di kantor disdukcapil. Kayak pelayanan KTP silakan," ulas Chairil.

Karena masih menunggu anggaran dijelaskannya, pemkot berusaha maksimal memberikan kesempatan dan pelayanan bagi seluruh warga Balikpapn wajib KTP mengikuti perekaman E-KTP. Dan masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan pelayanan perekaman terkait jadwal waktunya. "Pelayanan perekaman e-KTP akan terus dilayani sesuai jam kerja," tandasnya. 

Perlu diketahui, Disdukcapil Balikpapan memiliki satu mobil pelayanan keliling pemberian dari Kemendagri. Mobil pelayanan keliling ini merupakan proyek percobaan yang dicanangkan pemerintah pusat kepada sejumlah kota termasuk Balikpapan.
(Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: