RABU, 7 SEPTEMBER 2016

ENDE --- Pembangunan kabel telepon fiber optik di wilayah kabupaten Ende saat ini sedang berlangsung. Untuk tahap pertama yang sudah selesai awal tahun 2016 dan hanya untuk beberapa kantor penting pemerintahan, saat ini mulai menjangkau perumahan.


Dua perusahaan dari Jakarta sejak 3 bulan lalu sedang melaksanakan pemasangan fiber optikt ahap kedua dimana dilakukan penggantian kabel telepon yang lama dengan fiber optik.

Kepala kantor Telkom Ende, Yohanes Rande yang ditemui Cendana News di kantornya menyebutkan, bila tahap awal hanya 11 ODP (Optical Distribution Point) maka tahap kedua jumlahnya  163 ODP.

“Pemasangan tahap kedua kami fokuskan kepada wilayah perumahan sesuai dengan permintaan pelanggan yang mendaftar,” ujarnya.

Ditambahkan Yohanes, fiber optik yang sudah dipasang sebelumnya dikususkan hanya di kantor bupati Ende, Kodim, Polres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan beberapa kantor pemerintah lainnya.

“Berdasarkan survey animo masyarakat kabupaten Ende sangat tinggi sehingga kami usulkan tahap kedua dan disetujui untuk mengganti kabel yang lama menjadi fiber optik,” terangnya.

Kalau memakai kabel lama beber Yohanes, kecepatan internetnya cuma sebatas sampai 3 MB per detik sedangkan memakai fiber optik bisa mencapai 10 sampai 100 MB per detik.

Saat ini di Ende sedang dibangun akses internet di depan kantor Telkom (Wifi Corner) dan ada permintaan juga dari beberapa sekolah dan kantor serta akan dipasang di beberapa lokasi keramaian

“Penempatan ODP disesuaikan dengan permintaan pelanggan karena nanti satu ODP minimal menjangkau 8 pelanggan sehingga kami prioritaskan bagi perumahan di dalam kawasan kota Ende,” terangnya.

Sementara yang agak jauh dari kota menunggu setelah pelanggan di dalam kota sudah terpenuhi semua.
[Ebed De Rosary]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: