JUMAT, 9 SEPTEMBER 2016

ENDE --- Pembangunan jalan menuju rumah adat Desa Nuabosi yang berdekatan dengan transmisi pemancar sinyal milik Telkom Ende di puncak bukit Desa Nuabosi Decamatan Ende akan diperbaiki.


Jalan menanjak sejauh sekitar 1,5 kilometer ini merupakan jalan satu-satunya dari pertigaan kampung menuju rumah adat Nuabosi yang berada di dataran rata di atas bukit yang juga terdapat puluhan rumah di sepanjang jalan dikampung sekitar rumah adat.

“Memang jalan ini dibangun Telkom Ende sebab ada stasiun transmisi milik kami di kampung sekitar rumah adat,” ujar Yohanes Rande.

Yohanes yang dikonfirmasi Cendana News via telepon Jumat (9/9/2016) mengatakan, pihaknya sudah melakukan survei bulan Agustus 2016 bersama pejabat Telkom dari pusat.

“Kami sudah survei dan membuat proposal ke Telkom pusat, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diperbaiki,” terangnya.


Yohanes dimintai konfirmasi sebab saat Cendana News bertandang ke Desa Nuabosi Kamis (8/9/2016) ketua adat (Mosalaki) Nuabosi Aloysius Sido menyebutkan jalan tersebut merupakan jalan yang dibangun pihak Telkom.

“Kami sudah usulkan ke Pemda Ende namun dikatakan bahwa jalan tersebut dibangun pihak Telkom sebab ada stasiun transmisi milik Telkom di dekat rumah adat,” ujar Sido.

Mosalaki Nuabosi ini berharap agar jalan tersebut segera diperbaiki agar para wisatawan dan masyarakat yang hendak ke rumah adat saat ritual adat menggunakan kendaraan bermotor bisa lebih nyaman.

“Jalannya sudah rusak parah dan kalau malam hari gelap gulita sehingga rentan terjadi kecelakaan. Kami sangat berharap akhir  tahun 2016 jalan ini sudah diperbaiki,” pungkasnya.
(Ebed de Rosary)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: