SENIN, 19 SEPTEMBER 2016

BANYUMAS --- Upaya meningkatkan kapasitas Perangkat, Desa Dermaji menggelar pelatihan "Pengembangan Perencanaan Kolaburatif" yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jendral Sudirman Purwokerto (LPPM Unsoed Purwokerto). Kegitaran teresbut digelar di balai desa, Senin (19/9/2016).


Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber sekaligus fasilitator dari LPPM Unsoed diantaranya Dr. SlametRosyadi, Dr. Denok Kuniarsih, Simin M,Si dan Zaula K. M.Si.

Kades Dermaji, Bayu Nugroho mengatakan, pelatihan dilakukan dalam meningkatkan kapasitas perangkat desa, BPD, LPMD dan KPMD dalam menyusun perencanaan pembangunan.

"Harapannya kedepan agar kerjasama terus ditingkatkan,"sebutnya dalam sambutan.

Sementara itu, Dr.vRosyadi mengatakan, perencanaan kolaburatif yang dimaksud adalah sebagai perencanaan yang mengedepankan dialog antar stakeholder.

Disebutkan, perencanaan kolaburatif  dilakukan untuk menutupi kelemahan perencanaan partisipatif. Secara akademis perencanaan partisipatif telah gagal membangun perencanaan yang baik. 

"Perencanaan partisipatif seringkali tidak mencerminkan kondisi yang sesungguhnya yang tejadi di kalangan masyarakat,. Karena itulah diperlukan kolaburatif,"tambah Slamet.

Dalam pelatihan tersebut peserta yang yang terdiri dari perangkat desa, BPD, LPMD dan juga KPMD diberi berbagai teori mengenai perencanaan dan juga melakukan praktik analisis SWOT. 
[Yusfi Wawan Sepriyadi]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: