JUMAT, 9 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Sedikitnya 500-600 warga yang melakukan pelayanan perakaman elektronik KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Balikpapan ditargetkan dapat terlayani dalam sehari. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan Chairil Anwar. 

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan
Ia mengakui hingga kini masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP masih ramai dan hingga hari ini kurang dari 88 ribu wajib KTP belum melakukan perekaman. "Iya jumlah itu ada yang sudah pernah melakukan perekaman namun terjadi kesalahan atau error sehingga tidak dapat terbaca datanya. Perekaman itu dilakukan saat perekaman massal tahun 2012 lalu," terangnya Jumat, (9/9/2016).

Chairil menjelaskan warga yang sudah melakukan perekaman namun datanya tidak bisa terbaca karena ada kerusakan sistem maka harus dilakukan perekaman kembali dengan caranya membawa kartu keluarga. Karena itu, perekaman tidak lagi dilakukan di kecamatan karena banyak alat yang mengalami kerusakan.

"Saat ini perekaman dipusatkan di kantor disdukcapil dan jumlah wajib e-KTP sekitar 534.894 orang. Jumlah itu meningkat karena ada lonjakan pendatang," tandasnya. 

Chairil menambahkan sudah ada 16 ribu penduduk wajib KTP mulai 1 September hingga kini. Namun ketersediaan blanko e-KTP masih sangat terbatas.
(Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: