MINGGU, 25 SEPTEMBER 2016

MANADO --- Kuliner Perkedel Milu (Jagung) dan Ikan Nike saat ini menjadi salah satu kuliner andalan warga Manado yang paling di gemari wisatawan ketika berkunjung ke Manado. Kedua kuliner itu biasanya di hidangkan sebagai makanan pembuka atau di campur dengan kuliner Bubur Manado (Tinutuan).

Perkedel Milu yang berwarna kuning dan Perkedel Nike yang berwarna kehitaman
Menurut Junita Lumenta warga Kecamatan Wenang, Perkedel Milu dan Nike rasanya memang sangat gurih sehingga tak heran banyak wisatawan yang menggemarinya ketika berkunjung ke restoran atau rumah makan yang menyiapkan Perkedel Milu dan Nike.

Lumenta menjelaskan cara membuat kuliner Perkedel Milu dan Nike sangat muda. Untuk Perkedel Milu dan Nike, yang pertama bahan bakunya yaitu jagung muda di pisahkan dari tongkolnya, kemudian Ikan Nike halus yang telah masih mentah, kemudian siapkan adonan bumbu dapur yang terbuat dari daun bawang, daun seledri, bawang merah, bawang putih, garam secukupnya, 1 butir telur, tepung terigu dan tepung beras secukupnya, kemudian adonan tersebut di campur bersama Ikan Nike dan Milu (Jagung) secara terpisah, setelah tercampur, kedua bahan itu di di goreng terpisah hingga matang, kemudian siap di hidangkan.

"Biasanya kalau di rumah makan yang menjual Perkedel Milu dan Nike di jual seharga Rp 2.500 per potong, karena harganya sangat terjangkau tidak heran biasanya wisatawan membeli 5 hingga 10 potong, yang bisa dinikmati oleh tiga orang" katanya.

Menurut Lumenta, kata Milu berasal dari bahasa Manado yang artinya jagung, sedangkan Nike merupakan bentuk ikan kecil-kecil mirip teri. Dan ikan ini di bagi dua jenis yaitu Ikan Nike danau dan Ikan Nike laut. Biasanya Perkedel Milu dan Nike menjadi oleh-oleh khas Sulawesi Utara bagi wisatawan yang berkunjung ke Manado.
(Ishak Kusrant)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: