KAMIS, 15 SEPTEMBER 2016

YOGYAKARTA --- Guna merangsang kreatifitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga DI Yogyakarta menggelar pameran bertajuk Klinik Sains SMK 2016 di Gedung Kotak, Taman Pintar, Kota Yogyakarta, Kamis (15/9/2016).


Pameran bertajuk Klinik Sains SMK 2016, Muda Berkarya, yang digelar Disdikpora DI Yogyakarta menampilkan berbagai alat teknologi tepat guna, mulai dari alat pengolah makanan dan minuman hingga aplikasi telepon pintar (smartphone).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdikpora DI Yogyakarta, Triana Purnamawati, ditemui di sela pembukaan pameran mengatakan, selain sebagai wadah bagi para siswa SMK untuk memamerkan hasil karyanya di bidang teknologi tepat guna, pameran tersebut juga merupakan upaya untuk menarik perhatian dunia industri.

"Diharapkan, dunia industri semakin berminat menyerap tenaga kerja dari lulusan SMK," ujarnya.


Pameran yang diikuti oleh 45 SMK di Yogyakarta, kata Triana, merupakan peserta yang lolos seleksi di tahap proposal sebelumnya yang diajukan oleh 166 SMK. Peserta yang lolos seleksi tersebut diberikan dana stimulus untuk membuat karya yang akan dipamerkan.

Melalui pameran tersebut, ujar Triana, juga diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri para siswa. Bahwa, tidak hanya siswa perguruan tinggi saja yang mampu menghasilkan karya dan temuan-temuan baru yang berguna, melainkan juga siswa SMK pun bisa.

Pameran Klinik Sains SMK 2016 yang digelar dua hari hingga 16 September 2016, menampilkan beragam alat tepat guna yang ternyata sangat menarik dan menakjubkan. Para siswa SMK bahkan mampu membuat rangkaian alat pembangkit listrik sederhana dengan tenaga air dan tenaga surya, alat pemungut sampah di sungai dan alat pengolahan air bersih dan sebagainya.
[Koko Triarko] 

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: